Ini 5 Mitos Makhluk Penghisap Darah Selain Vampir

JogjaUpdate.com (30/11/17), Selama ini makhluk penghisap darah dalam mitologi dan mitos yang berkembang adalah vampire. Salah satu vampire yang terkenal adalah Dracula. Namun selain vampire, ternyata ada banyak mitos lain mengenai makhluk penghisap darah yang tidak kalah serem. Berikut ini daftarnya:

1. Jiangshi

Dalam mitologi China, Jiangshi dikenal sebagai makhluk sejenis vampir yang disebutkan sebagai korban pembunuhan kejam atau tewas karena bunuh diri. Jiangshi juga disebut sebagai vampir loncar, karena dikisahkan berjalan dengan cara meloncat seperti dalam film-film vampir China.

Menurut mitos, roh mereka tidak dapat meninggalkan jasadnya dan menjadi Jiangshi. Dikisahkan pula Jiangshi bangkit karena mayat yang tidak dikubur diloncati oleh seekor kucing. Jiangshi disebutkan takut akan akan cermin, kayu pohon persih, air seni perjaka, dan ayam jantan berkokok.

2. Kappa

Kappa adalah monster mitologi yang berkembang di Jepang. Digambarkan memiliki wujud seperti kura-kura menyeramkan dengan anggota tubuh seperti reptil dan memiliki tempurung di punggungnya. Makhluk ini diyakini memiliki kebiasaan menyedot darah orang melalui dubur.

Kappa juga dikisahkan sering menyerang para perenang dan mencuri hati mereka. Untuk melakukan ini, mereka harus mencabut shirikodama dari dubur korban. Dalam mitologi Jepang, shirikodama adalah sesuatu yang berbentuk seperti bola di dalam dubur yang berisi nyawa seseorang.

3. Penanggalan

Penanggalan adalah semacam mitos vampir yang di Asia Tenggara. Mereka berwujud wanita cantik di siang hari, namun pada malam hari, kepala mereka akan terbang meninggalkan badannya untuk mencari mangsa. Makhluk ini akan memakan organ dalam manusia, dan menggemari wanita hamil juga bayi yang baru lahir.

Penanggalan akan mendarat di atas rumah di mana ada seorang bayi yang akan lahir. Ia adalah akan meminum darah dari perempuan yang akan melahirkan dengan lidahnya yang panjang dan tidak terlihat. Setelah kenyang ia akan mengecilkan perutnya dengan cuka agar dapat kembali ke tubuhnya.

4. Mandurogo

Mandurogo adalah makhluk mitologi yang berkembang di Filipina dalam wujud wanita cantik bersayap yang disebut Kinnara. Ketika dalam wujud wanita cantik ia bisa menikahi seorang laki-laki yang dicintainya. Namun ketika sang laki-laki mematahkan hatinya, Kinnara akan berubah menjadi Mandurogo yang mengerikan.

Mandurogo dapat berwujud wanita cantik di siang hari, namun akan berubah di malam hari menjadi makhluk dengan lidah berbentuk tajam, berduri, dan berlubang. Ia menggunakan lidahnya untuk meminum darah dari leher si laki-laki yang menjadi korbannya.

5. Strigoi

Strigoi adalah mitos makhluk penghisap darah yang berkembang di Romania. Bahkan ia dianggap sebagai asal muasal dari Dracula dan Vampir. Dikisahkan seseorang yang meninggal sebelum waktunya akan berubah menjadi Strigoi.

40 hari pertama pertama setelah meninggal, ia akan bangkit dari kubur kemudian kembali dalam wujud seperti saat hidup. Strigoi hanya meminum darah segar manusia. Setelah lewat dari 40 hari, mereka akan berubah menjadi Moroi, yaitu makhluk semacam mayat berjalan yang menyerang manusia.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like