Kenapa Biskuit Punya Lubang Kecil di Permukaannya, Ini Jawabannya

JogjaUpdate.com (07/02/2019) Pasti tidak asing dong dengan yang namanya biskuit. Kalau diperhatikan, pasti menemukan banyak lubang kecil di atas permukaan biskuit.

Kenapa permukaan biskuit punya banyak lubang kecil-kecil dan untuk apa? Apakah hanya untuk hiasan saja? Jika hiasan kenapa cuma lubang, bukan bunga-bunga?

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Lukisan Keluarga Di Kaleng Biskuit Khong Guan Tanpa Ayah

Dilansir dari independent.co.uk, ternyata pemberian lubang ini memang disengaja. Namun bukan sekadar untuk estetika saja.

Lubang ini ditujukan agar biskuit bisa terbentuk sempurna. Hal ini diungkap oleh Mark Greenwell dari Pladis di Carlise yang membuat biskuit McVities & Car.

Diungkapkan Mark Greenwell, lubang ini untuk mencegah biskuit pecah selama pemanggangan atau pemasakan. Sehingga bentuk biskuit bisa sempurna.

Lubang kecil di biskuit ini sebagai jalan keluar uap dari dalam adonannya. Jika uap air mudah keluar, maka bentuk si biskuit tidak akan banyak berubah.

Baca Juga : Mengenal Krimpying Gaplek, Camilan Legendaris Kulonprogo

Jika tidak diberikan lubang, uap air yang terperangkap dapat memecahkan biskuit saat dilakukan pemanggangan atau pemasakan.

Namun memang, tidak semua biskuit diberikan lubang-lubang keci di bagian atasnya. Ada beberapa biskuit yang tak memerlukan keberadaan lubang ini.

Uap tetap berada di dalam biskuit jahe. Uap panas akan mengikat gula dan membentuk karamel atau kristal sampai membuat biskuit jahe akan tampak berbeda dari biskuit lainnya. Biskuit jahe punya ciri khas yang tak dimiliki biskuit lainnya,” terang Mark Greenwell.

Baca Juga : Street Food Ini Greget Abis, Berani Coba?

Itulah alasan kenapa ada lubang kecil di permukaan biskuit. Semoga kamu tidak penasaran lagi dengan jawaban ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like