Tips Menghindari Ponsel Meledak

JogjaUpdate.com (06/02/18), Kasus ponsel meledak sudah sering terjadi di berbagai tempat. Baik ponsel kelas atas dari pabrikan ternama, maupun ponsel murahan. Dan beberapa seri ponsel yang kerap meledak pun dihentikan produksinya, bahkan ditarik dari peredaran.

Tidak sedikit korban ponsel meledak mengalami luka-luka, dari ringan hingga luka parah. Belum lagi merusak barang-barang di sekitarnya. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga orang-orang terdekat kita dari kejadian ponsel meledak?

Baca: Terekam CCTV, Smartphone Meledak Di Kantong

Salah satu penyebab ponsel meledak yang kerap terjadi adalah karena baterainya. Untuk itu, Tech Advisor (06/02/12) memberikan sejumlah tips untuk menghindari ponsel meledak. Berikut ini tipsnya:

1. Isi daya dengan benar

Jangan mengisi baterai ponsel dengan sembarang charger, sebisa mungkin gunakan charger asli dari pabrikan. Jangan lupa juga untuk mencabut charger setelah baterai terisi penuh.

2. Letakan ponsel di tempat aman saat mengisi daya

Saking ketergantungannya dengan ponsel, ada yang sampai membawanya ke tempat tidur. Bahkan mengisi daya sambil menggunakannya sampai tertidur tanpa, mencabut kabel pengisi daya.

Pada tahun 2017 silam, seorang ibu hamil terluka saat ponsel miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya. Meski telapak tangan si ibu terluka parah, beruntung ia dan kandungannya selamat.

3. Jangan sampai ponsel panas

Banyak kejadian ponsel yang meledak berawal dari panasnya baterai. Salah satu cara untuk menghindari ponsel kepanasan adalah dengan cara melepas lapisan ponsel pelindung saat mulai panas. Selain itu juga jangan mengisi daya sampai berlebih, jika sudah penuh segera cabut.

Baca: Ini Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Digunakan

Ponsel kepanasan juga bisa terjadi karena melakukan pekerjaan yang berat dalam jangka waktu lama, bermain game misalnya. Ketika ponsel mulai terasa panas, sebaiknya berhenti sejenak bermain game dan tunggu hingga ponsel kembali dingin.

4. Hindari tekanan pada ponsel

Selama ini kita ketahui, ponsel yang jatuh dapat membuat bagian dalamnya mengalami konsleting hingga meledak. Namun ternyata bukan itu saja, tekanan yang berlebih pada ponsel juga bisa berakibat sama. Seperti tegencet atau terduduki, dapat memicu kebocoran pada baterai yang berakibat ledakan.

5. Ganti baru

Ketika mendengar kabar ponsel meledak dan ternyata satu tipe dengan ponsel yang kamu gunakan, sebaiknya segera ganti. Gantilah ponsel kamu dengan yang baru dan tidak setipe seperti yang meleak. Keselamatan lebih penting daripada uang dan gadget.

Baca: 2 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Smartphone Android

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like