Benarkah Pasangan Yang Berjodoh Wajahnya Mirip?

JogjaUpdate.com (07/02/18), Banyak yang mengatakan jika pasangan yang berjodoh wajahnya mirip. Benarkah demikian? Coba perhatikan orang-orang disekitarmu, apakah ada pasangan yang memang wajahnya mirip? Lalu coba mengaca, mirip dengan siapa wajahmu?

Ternyata kepercayaan akan pasangan yang berjodoh wajahnya mirip ini menarik perhatian peneliti. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal PLOS Genetics menyebutkan pasangan menikah kerap terlihat mirip satu dengan sama lain. Hal ini karena manusia cenderung menikahi individu yang memiliki garis keturunan yang sama, namun tren ini sudah mulai terkikis.

Baca: Ketahuilah Tanda-Tanda Dia Bukan Jodohmu

Seorang peneliti bernama Ronnie Sebro dari University of Pennsylvania dan Josee Dupuis dari Boston University School of Public Health, serta Neil Risch dari University of California juga melakukan penelitian. Mereka mengumpulkan 800 pasangan partisipan dari berbagai latar belakang keturunan berbeda lalu mempelajari data gen mereka.

Dari studi tersebut, ditemukan sebagian besar orang memilih pasangan yang berasal dari lingkungan sekitar mereka dan seringkali memiliki nenek moyang yang sama. Namun, struktur genetika yang dibentuk melalui pola pernikahan seperti ini mulai menurun seiring waktu.

Baca: Tanda-Tanda Si Dia Adalah Jodoh Yang Tepat

Seperti yang dimuat Reader’s Digest (09/05/17), studi lain yang dilakukan dengan mengumpulkan pasangan pengantin baru, memotretnya lalu memotret kembali 25 tahun setelahnya. Hasil foto menunjukkan bahwa seiring waktu, pasangan mulai menunjukkan berbagai kemiripan pada wajah.

Peneliti berpendapat, kemiripan ekspresi wajah tersebut dikarenakan kehidupan pernikahan yang bahagia serta kedekatan hubungan. Hidup bersama dalam jangka waktu panjang dan berbagi banyak perasaan dari tawa, sedih, dan sebagainya membuat pasangan berbagi kemiripan ekspresi.

Itulah salah satu alasan wajah pasangan jadi tampak mirip. Jadi gimana? Kamu dan pasangan sudah terlihat mirip belum?

Baca: Barang Yang Dipercaya Penangkal Energi Negatif Dalam Perjodohan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like