Kenapa Gerobak Mie Ayam Berwarna Biru? Ini Jawabannya

JogjaUpdate.com (19/09/18) Kalau kamu perhatikan, kenapa gerobak mie ayam berwarna biru? Jika ketemu mie ayam keliling pasti gerobaknya berwarna biru.

Bahkan di warung mie ayam yang nggak keliling, tempat masaknya atau area masaknya pasti berwarna biru. Kenapa harus biru ya?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Mie Ayam Di Jogja Yang Paling TOP

Karena rasa penasaran ini, JogjaUpdate mencoba menelusurinya. Dan menemukan beberapa jawaban atas pertanyaan warna gerobak mie ayam ini.

Jawaban pertama, ditemukan oleh anggota forum Kaskus bernama oghie.santana pada 2016 yang lalu. Ia mengungkapkan dari sejarah populernya mie ayam.

Sejak dulu kala, mayoritas penjaja mie ayam berasal dari Wonogiri. Pada awalnya, ketika ingin mengecet gerobak untuk menjajakan mie ayam secara keliling.

Karena keterbatasan ekonomi, penjual mie ayam ini cuma bisa beli satu warna. Dan saat membeli memang cuma tersisa warna biru saja.

Setelah jualan laris, banyak orang Wonogiri lainnya yang ingin ikut berjualan mie ayam keliling. Mereka pun ikut-ikutan mengecat gerobak mie ayamnya dengan warna biru biar sama-sama laris.

Cerita penjual mie ayam keliling dari Wonogiri ini tersebar dari mulut ke mulut dan membuat penjual mie ayam lainnya juga ikut mengecat gerobaknya berwarna biru.

Baca Juga: Rekomendasi Mie Ayam Di Jogja Dari Warganet

Jawaban kedua, yaitu soal biaya pengecatan gerobak mie ayam. Karena rata-rata penjual mie ayam keliling waktu itu dari kalangan kurang mampu, mereka ngirit dengan beli satu warna saja.

Dan ada yang bilang kalau dulu warna biru lebih murah di banding warna lainnya. Jadi dipilihlah warna ini sebagai cara mengirit.

Penjual mie ayam keliling lainnya pun juga pengen gerobaknya berwarna. Mereka pun ikutan mengecat gerobaknya dengan warna biru.

Jawaban ketiga, dari anggota forum Kaskus bernama bramantyonagas. Ia menjelaskan secara ilmiah kenapa di pilih warna biru.

Secara ilmiah, warna biru ini memiliki panjang gelombang lebih pendek dari warna lain. Pendeknya gelombang warna biru ini membuatnya susah untuk menembus partikel gas dan debu.

Dampaknya, warna biru akan terlihat bersih dan tidak kotor walau dipakai keliling seharian. Coba warna putih, pasti mudah jadi kusam dan kotoran jadi lebih terlihat.

Baca Juga: Njajal Mie Ayam Pak Nariyo Asli Wonosari

Jawaban keempat, yaitu adanya program dari sebuah merek tepung yang mereka gunakan. Ini diungkapkan anggota forum Kaskus lainnya, yaitu ganzo20.

Seperti diketahui, mie ayam memakai bahan dasar tepung. Merek tepung ini mendanai membiayai pengecatan gerobak mie ayam berwarna biru agar sama dengan kemasan tepung merek tersebut.

Jawaban Kelima, tidak semua gerobak mie ayam berwarna biru. Banyak kok gerobak yang berwarna lain, dari kuning, merah, bahkan diplitur untuk mengeluarkan serat kayunya.

Pengguna gerobak biru ini kebanyakan dari wilayah Wonogiri dan beberapa tempat sekitarnya saja. Warna biru ini sebagai ciri khas kalau mereka berasal dari Wonogiri.

Baca Juga: Njajal Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin, Yang Jual Tinggi

Itulah tadi beberapa jawaban kenapa gerobak mie ayam biasanya berwarna biru. Menrutmu mana yang paling benar?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like