Ketika Semua Temanmu Sudah Rabi, Begini Caranya Jadi Single Happy

JogjaUpdate.com (12/12/17), Mungkin kamu sekarang dalam posisi teman-teman sebaya sudah banyak yang menikah, namun kamu masih saja sendiri alias single. Bukan berati kondisi ini menyedihkan, kamu bisa kok menjadi seorang single happy. Bukan berarti tidak ingin menikah, namun belum menemukan jodoh saja.

Sebagai seorang single happy, bisa memberikanmu banyak keleluasaan untuk melakukan banyak hal. Termasuk untuk membahagiakan diri dan orang sekitar. Lalu bagaimana caranya untuk tetap bahagia sebagai seorang single disaat teman-teman sudah pada naik ke jenjang pernikahan? Berikut ada beberapa caranya:

1. Fokus dengan apa yang sedang dilakukan saat ini

Berhentilah mengkhawatirkan mengenai jodoh, karena itu menjadi rahasia Tuhan. Jika kamu ingin meningkatkan karir, sekolah lebih tinggi, traveling ke mana yang diinkan, maka lakukanlah. Penuhilah hari-harimu dengan kegiatan bermanfaat sehingga tidak lagi terbebani pikiran sebagai single.

2. Buat catatan pribadi

Kamu bisa mengungkapkan segala hal yang kamu rasakan atau curahan hati ke dalam tulisan. Mau pakai cara tradisional seperti mencatat di diary atau cara modern dengan blog yang bisa dibaca banyak orang. Cara ini akan mengurangi beban dan kekhawatiran mengenai tekanan sebagai seorang single.

3. Apa yang dilihat tidak selalu sebaik yang dipikirkan

Mungkin selama ini kamu melihat pernikahan dan kehidupan rumah tangga yang menyenangkan dibagikan oleh teman-temanmu di sosial media. Namun percayalah yang kamu lihat tersebut tidak seidah itu. Dibalik indahnya postingan sosial media tersebut, banyak hal tidak mengenakkan yang mungkin mereka alami.

4. Terus memperbaiki diri

Jika saat ini belum menemukan jodoh, makan yang jadi prioritas sekarang adalah dirimu sendiri dan orangtua juga keluarga. Sudahkah membahagiakan mereka saat ini? Kamu pasti akan merasa lebih bahagia jika orang-orang terdekat seperti keluarga disekitarmu merasa bahagia juga.

5. Lakukan lebih banyak hal baik

Tujuan utama hidup bukanlah untuk menikah saja, kamu bisa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan. Perbanyak melakukan hal baik yang bermanfaat bagi sekitar. Dari kegiatan amal, sukarelawan bencana alam, atau kerja bakti lingkungan akan membuatmu merasa lebih berharga dan punya nilai sebagai manusia.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like