Ini 3 Alasan Jatuh Cinta Yang Dijelaskan Secara Ilmiah

JogjaUpdate.com (22/2/17), Ada yang bilang kalau benar-benar cinta, tidak diperlukan penjelasan maupun alasan. Apakah benar? Ternyata secara ilmiah, cinta itu bisa dijelaskan. Beberapa penelinitian di dunia pun berusaha menjelaskan alasan jatuh cinta pada seseorang. Dan berikut ini ada 3 alasan jatuh cinta yang bisa dijelaskan secara ilmiah:

1. Banyak Persamaan

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psycology, merangkum penelitian mengenai cinta karena banyaknya persamaan. Mulai dari persamaan nilai-nilai hidup, pengalaman hidup, level atraktif, dan masih banyak lagi. Ternyata persamaan-persamaan ini bisa membuat seseorang jatuh cinta.

2. Mirip Orang Tua

Dalam sebuah studi yang dalam Evolution & Human Behaviour, mengungkap kalau seorang pria bisa jatuh cinta dengan wanita yang mirip ibunya. Kemiripan ini bisa dalam hal fisik sepertu kemiripan muka maupun kemiripan karakter dengan sang ibu. Dan ternyata teori ini juga terjadi pada wanita. Seorang wanita cenderung jatuh cinta pada pria yang mirip dengan ayahnya.

3. Aroma Tubuh

Yang ini agak unik, karena seseorang bisa jatuh cinta karena aroma tubuh. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Science. Dalam penelitian ini mengunkap kalau aroma tubuh juga mempunyai peran penting sebagai alasan jatuh cinta. Diungkap kalau wanita yang dalam masa subur menganggap pria dengan level testosterone tinggi menarik dan seksi. Begitu juga denga pria yang menganggap aroma tubuh wanita lebih harum saat perionde menstruasi.

 

sumber: businessinsider.co.id/people-fall-love-science-2016-7/

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like