Kegalauan Yang Cuma Bisa Dirasakan Gamer Jaman Dulu

JogjaUpdate.com (21/9/17), Video games adalah salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat. Setiap bulan, bahkan setiap hari pasti ada video game terbaru yang dirilis. Tidak hanya terbatas pada console dan komputer atau PC saja, kini video games sudah populer di smartphone.

Perkembangan pesat dari video game ini juga membuat gamer sekarang berbeda dengan dahulu. Ada beberpa pengalaman atau kegalauan gamer jaman dulu, yang munkin tidak dirasakan lagi oleh gamer generasi sekarang. apa saja? Berikut ini diantaranya:

1. Memory Card Corrupt

Di era-era 90-an akhir dan 2000-an awal, console Playstation merajai industri video games. Salah satu fitur yang banyak disukai adalah memory card, yang bisa menyimpan progres dari permainan kita. Namun sayangnya memory card jaman dahulu ini rentan rusah, dan datanya hilang.

Usaha gamer berhari-hari yang untuk memainkan permainan pun hilang dengan begitu saja karena memory card corrupt. Perasaan sedih dan kehilangan para gamer jaman dahulu ini mungkin sudah tidak dirasakan lagi sekarang. Karena teknologi yang lebih canggih seperti cloud dapat menyimpan progres permainan dengan lebih aman.

2. Main cuma sabtu-minggu

Jaman dulu kala, banyak anak-anak yang mempunyai console video game hanya boleh memainkannya saat hari sabtu minggu saja. Sepertinya para orangtua kompak hanya memperbolehkan anak mereka bermain video game di hari sabtu minggu atau libur saja. Entah dari mana asalnya aturan ini.

3. Cheat jadi barang langka

Dengan tidak langkanya internet atau bahkan tidak ada, persebaran kode cheat dalam video game ini sangat amat terbatas. Hanya sedikit gamer-gamer yang punya akses untuk bisa tahu ada kode cheat dalam permainan. Cheat ini menjadi barang langka sesama gamer, karena sering ada yang pelit membagikannya.

4. Fotokopi walkthrough

Akses informasi antar gamer yang minim juga membuat terbatasnya walkthrough atau panduan untuk menamatkan permainan. Bahkan jika ada yang punya langsung didekati banyak teman untuk meminjam atau menfotokopinya. Dan salah satu sumber walkthrough yang dicari gamer jaman dulu adalah majalah Hotgame.

5. Tiup cartridge

Ini lebih banyak dialami oleh gamer tua jaman masih menggunakan cartridge, seperti Nintendo NES atau Sega Megadrive. Biasanya console akan ngadat saat dinyalakan karena tidak bisa membaca cartride atau kaset ini. Banyak yang menduga karena kotor lantas mencopot dan meniupnya. Padahal sebenarnya hanya kurang pas saja masangnya, bukan karena kotor.

6. Miringi PS

Kalau gamer-gamer jaman Playstation atau PS, pasti pernah mengalami cd yang tidak mau kebaca padahal sudah dibersihan. Biasanya karena optic laser pembaca cd-nya sudah melemah. Banyak yang mengakalinya dengan memiringkan atau membalik PS. Ternyata ini manjur, PS dengan mudah membaca cd dan permainan pun berjalan lancar.

7. Punya memory card dan cd, tapi tidak punya PS

Ini banyak dialami oleh para gamer dari kalangan kurang mampu atau memang tidak dibelikan orang tuanya. Banyak gamer jaman dahulu punya Memory card dan CD game, padahal dia tidak punya console Playstation. Biasanya mereka memainkannya di rental-rental Playstation dengan membawa cd sendiri.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like