Tidak Sengaja, Ilmuwan Jepang Ciptakan Es Krim Yang Tidak Meleleh

JogjaUpdate.com (8/8/17), Tidak sedikit penemuan besar di dunia ini yang terjadi secara tidak sengaja, terutama yang berkaitan dengan bidang kuliner. Seperti yang belum lama ini terjadi mana pada seorang ilmuwan Jepang secara tiak sengaja ciptakan es krim yang tidak meleleh.

Temuan ilmuwan Jepang ini berawal ketika dirinya membuat isian pastry terbaru, malah berakhir dengan menciptakan es krim yang tidak meleleh. Peneliti di Japan’s Biotherapy Development Research Center diminta oleh koki pastry untuk membuat hidangan penutup baru dengan menggunakan polifenol, cairan yang diekstraksi dari stroberi.

Koki tersebut mencatat bahwa setiap kali dia menambahkan polifenol ke krim susu, maka langsung pada seketika. Seketika para peneliti langsung menyadari bahwa mereka mungkin telah menemukan sesuatu yang revolusioner. Dan jadilah sebuah temuan es krim yang tidak mencair.

Menurut Tomihisa Ota, profesor emeritus farmasi di Universitas Kanazawa, polifenol memiliki sifat yang menyulitkan air dan minyak untuk dipisahkan. Dengan menambahkan zat tersebut ke es krim, mereka menyadari membuat desert tersebut tetap pada bentuknya lebih lama dari biasanya.

Selain itu, salah satu faktor utama yang menyebabkan es krim meleleh adalah destabilisasi lemak. Penggunaan polifenol bisa melindungi hal tersebut, bahkan dari cuaca panas sekalipun. Tidak hanya bertahan beberapa menit, bahkan bisa awet sampai tiga jam. Uji coba lain melaporkan bahwa bisa bertahan di suhu 82 derajat Fahrenheit.

Kini Ota sedang bekerja dengan pusat penelitian untuk mengembangkan zat baru ini menjadi es krim yang tidak tahan meleleh. Dan sejauh ini mereka sudah cukup sukses besar di Jepang. Apalagi harga es krim ini pun cukup terjangkau untuk sebuah teknologi baru. Es krim loli di jual dengan harga sekitar $4,50 satu potong.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like