Apakah Bahaya Menyimpan HP Di Bagasi Sepeda Motor?

JogjaUpdate.com (26/5/17), Semakin banyak sepeda motor yang dilengkapi bagasi dari pabrikannya. Bahkan sudah semakin banyak yang dilengkapi dengan port lighter atau bahkan usb charging. Hal ini membuat makin banyak oranga menaruh handphone atau smartphone mereka di bagasi. Seberapa amankah atu malah bahaya menyimpan HP di bagasi sepeda motor?

Banyak orang yang meragukan akan kemanan menaruh HP mereka dalam bagasi. Mengingat beberapa sepeda motor memiliki bagasi yang berdekatan dengan tangki bahan bakar dan ruang mesin. Apalagi jika sedang mencharge atau mengisi baterai HP di bagasi, takutnya bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Namun menurut yang dirilis Otomania.com, M Abidin, GM Aftersales & Public Relations (PR) Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan kalau hal ini tergantung dengan kebutuhan dan kondisi bagasi sepeda motor tersebut. “Jika hanya untuk charging, dan setelah penuh, diambil tidak menjadi masalah,” kata Abidin.

Namun hal ini bisa berbeda, jika ada masalah pada tempat charger yang tersedia di sepeda motor. Abidin mencontohkan penggunaan arus charging di ayas spesigikasi daya charging HP. “Misalnya yang disarankan 1A, tetapi speknya ternyata 2A atau lebih, jelas itu akan berbahaya,” ucap dia.

Faktor lain yang bisa menimbulkan bahaya menyimpan HP di bagasi sepeda motor adalah kondisi baterai dan lama pengecasan. Jika ada kebocoran pada baterai HP atau pengecasan yang terlalu lama mempunyai resiko lebih. “Tetapi disusahakan jangan menyimpan terlalu lama, demi keamanan,” kata Abidin.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like