Tips Mencegah Tikus Bersarang Di Mobil

JogjaUpdate.com (10/9/17), Tikus adalah hama yang sering dibenci manusia, selain menjijikan juga mengganggu. Binatang pengerat ini sering merusakan barang-barang bahkan bersarang di tempat yang tidak kita inginkan. Tidak hanya dirumah, tikus bersarang di mobil juga sering dijumpai.

Ada beberapa kasus tikus bersarang di mobil yang akhirnya membuat kerusakan. Dari mobil mogok, hingga yang berbahaya membuat konsleting pada kelistrikan. Beberapa kabel-kabel atau selang sering jadi sasaran perusakan oleh tikus. Kenapa sih tikus-tikus ini doyan bersarang di mobil?

Seperti yang dimuat Liputan6.com (6/9/17), Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, tikus bersarang dimobil karena alasan sepele. Yaitu karena mobil jarang dipakai atau jarang dikendarai, yang akhirnya di dalamnya menjadi lembab. Seperti diketahui, tikus-tikus sangat menyukai tempat seperti ini.

Ada beberapa tips atau cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah bersarangnya tikus di dalam mobil. Berikut ini diantaranya:

1. Rajin Memanasi Mobil

Ada baiknya untuk memanaskan mobil setiap hari, setidaknya selama 5 menit. Karena biasanya tikus suka bersarang pada mobil yang jarang dinyalakan. Dengan mesin yang panas juga mengurangi kelembapan di dalam mobil itu sendiri. Sekaligus juga bisa menghalau dan mengusir tikus akan tidak masuk.

2. Jaga Kebersihan

Sampah adalah salah satu yang memancing tikus untuk datang. Karena itulah berbesihan dari mobil, baik itu di dalam kabin maupun kab mesin harus dijaga. Begitu juga dengan area sekitar mobil diparkikan, garasi misalnya. Bersihkan garasi secara teratur untuk mencegah kehadiran tikus.

3. Tutup Akses Masuk

Jika mobil berada di garasi yang tertutup, maka pastikan untuk menutuk pintu garasi waktu malam hari. Jangan sampai tikus dari luar masuk ke garasi. Kamu juga bisa menaburkan kabur barus atau menyemprotkan pestisida di sekitaran ban mobil. Karena biasany tikus naik ke mobil melalui ban.

4. Usir Tikus

Jika tikus sudah terlanjur masuk ke garasi atau bahkan ke mobil, sebaiknya segera diusir. Bisa dengan cara menggunakan bau-bauan yang tidak disukai tikus, seperti aroma peppermint, rambut kucing, rambut anjing, dan lainnya. Atau menggunakan bahan alami seperti irisan buah mengkudu yang dibenci tikus.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like