Jebul Makan Sambil Main Ponsel Bikin Tidak Bahagia

JogjaUpdate.com (13/10/18), Apakah kamu juga termasuk yang makan sambil main ponsel? Awalnya difoto-foto dulu, lalu makan sambil chatting dan buka-buka media sosial?

Sebaiknya kurang-kurangi kebiasaan tersebut. Karena ternyata, penelitian membuktikan kalau makan sambil menatap layar ponsel berdampak buruk.

Baca Juga: Jebul Makan Sendirian Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Dilansir dari Time.com, peneliti Elizabeth Dunn dan Ryan Dwyer dari University of British Columbia mengungkap dampak kebiasaan buruk makan sambil main ponsel.

Keberadaan ponsel di meja makan dapat mengganggu dan membuat kurang bersosialisasi. Ini juga berdampak pada penurunan tingkat kenikmatan menyantap makanan.

“Perbedaan yang sangat kecil yang disebabkan oleh ponsel membuat kamu dengan mudah mengabaikannya. Padahal ponsel telah mengubah pengalaman kamu dalam berinteraksi sosial secara halus,” kata Elizabeth Dunn.

Dalam penelitian ini, setengah dari responden diminta tetap menaruh ponselnya di atas meja sambil menjawab pertanyaan dari peneliti.

Setengah responden lainnya, diminta menjauhkan ponsel dari meja dan menjawab pertanyaan dengan menuliskannya di atas kertas.

Setelah selesai makan, kedua kelompok responden diminta untuk menjawab pertanyaan terkait kenikmatan makanan, penggunaan ponsel, dan pengalaman secara keseluruhan.

Baca Juga: Sibuk Main HP Saat Berduaan Dengan Pasangan Berpotensi Menimbulkan Konflik

Kelompok yang menaruh ponsel di atas meja menjawab tingkat kenikmatan yang cenderung rendah dibanding kelompok satunya.

Lalu dilakukan percobaan kedua dengan mengirimkan pertanyaan survei kepada 100 orang. Pertanyaan dikirim lima kali selama seminggu.

Hasilnya, responden yang mengobrol dengan orang sambil memegang ponselnya cenderung tidak menikmati obrolan tersebut.

“Penggunaan ponsel memang bisa menjadi kebiasaan. Kamu terbiasa memeriksa ponsel dan mencari pemberitahuan baru,” kata Ryan Dwyer.

Dari penelitian ini kita dapat menarik pelajaran kalau makan sambil main ponsel dapat menurunkan kenikmatan menyantap makanan.

Begitu juga keasyikan mengobrol dapat terganggu jika yang diajak ngobrol asyik dengan ponselnya. Pasti kamu sering mengalaminya kan?

Karena itu, disarankan untuk menggunakan ponsel dengan bijak. Jangan sampai mengurangi kebahagiaan kamu dalam kehidupan.

Baca Juga: Ini Bahaya Bertengkar Lewat Chat

Masih makan sambil main ponsel? Kurang-kurangi deh.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like