Sakit Kepala Saat Makan Es Krim? Ini Penjelasan Medisnya

JogjaUpdate.com (23/03/18), Pernahkan merasakan sakit kepala saat makan es krim? Biasanya terasa nyeri seperti tertusuk-tusuk di sekitaran dahi untuk beberapa menit. Hal ini sering disebut brain freeze atau ice cream headache yang terjadi setelah makan makanan dingin.

Baca: Benarkah Makan Es Krim Bikin Batuk Dan Pilek? Ini Penjelasan Dokter

Kenapa brain freeze ini bisa terjadi? Menurut yang dimuat klikdokter.com (15/03/18), sakit kepala saat makan es krim terjadi ketika makanan dingin menyentuh atap dari rongga mulut. Hal ini menyebabkan rangsangan saraf serta mengecilkan diameter pembuluh darah.

Makanan dingin dapat menyebabkan mengecilnya diameter pembuluh darah di daerah sinus yang akhirnya melebar kembali setelah rongga mulut menjadi hangat lagi. Perubahan ukuran ini terdeteksi oleh saraf nyeri dan diteruskan ke otak melalui cabang saraf trigeminal, namun diterjemahkan sebagai nyeri dari dahi.

Ada teori lain yang menjelasnya mengenai brain freeze ini, yaitu pelebaran arteri cerebral anterior yang memberikan oksigen ke lobus frontal dan superior medial parietal dari otak. Peningkatan volume darah inilah yang berhubungan dengan munculnya sakit kepala saat makan es krim.

Baca: Jebul Rasa Es Krim Favorit Bisa Mengungkap Kepribadian Seseorang

Cara mengurangi brain freze

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri pada brain freze. Yang pertama, makanlah makanan dingin seperti es krim secara perlahan. Jika nyeri masih terjadi, cobalah tekan lidah ke bagian langit-langit mulut untuk menghangatkan rongga mulut.

Yang kedua, bisa dengan bernapas dari mulut sehingga udara hangat akan keluar masuk melalui rongga mulut. Dengan aliran udara hangat ini dapat mengurangi suhu dingin rongga mulut karena es krim. Intinya adalah dengan menghangatkan rongga mulut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like