Jebul Kurang Tidur Menurunkan Daya Tahan Tubuh

JogjaUpdate.com (15/2/17), Dalam sehari kamu tidur berapa jam? Pernahkah kamu merasa jatuh sakit tiap kali mau melakukan sesuatu? Hal ini bisa saja karena jam tidur kamu yang kurang karena dikorbankan untuk berbagai aktivitas. Kurang tidur terbukti menurunkan sistem imun kamu, atau ketahanan tubuh.

Menurut penelitan yang diberitakan health.kompas.com, Kurang tidur terbukti menjadi salah satu faktor sistem imun lemah. Akibatnya, penyakit pun lebih mudah menyerang. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 11 pasang orang dewasa kembar, mayoritas wanita. Masing-masing pasangan kembar memiliki rutinitas tidur yang berbeda.

Dalam penelitian ini terungkap kalau si kembar yang kurang tidur memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah. Selain itu, ternyata kurang tidur juga membuat orang lebih mudah tertular virus flu. Sedangkan yang memiliki jam tidur cukup, lebih ampuh melawan virus flu dan mempunyai sitem imun lebih kuat.

Tidur ternyata sama pentingnya dengan pola makan dan olahraga bagi kesehatan. “Tidur sangat penting untuk meregenerasi dan produksi protein untuk sel-sel imun. Hal ini akan membantu sistem imun berfungsi optimal,” kata Dr.Nathaniel Watson, profesor neurologi yang melakukan studi ini.

Rata-rata orang dewasa memiliki jam tidur sekitar 6 jam di malam hari. Menurut studi lain di Amerika Serikat, jam tidur orang dewasa disana berkurang antara 1,5 sampai 2 jam dibandingkan seabad yang lalu. Padahal para ahli sampai saat ini selalu menganjurkan untuk tidur sekitar 8 jam sehari.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like