Kerokan Memang Berkhasiat, Tapi Jangan Dilakukan Pada Bagian Ini

JogjaUpdate.com (20/5/17), Kerokan adalah solusi tradisional untuk gejala tubuh yang sering disebut masuk angin. Kerokan memang berkhasiat menyembuhkan masuk angin, namun ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena ada bagian tubuh yang tidak boleh dikerok.

Menurut dr. Prasna Pramita, SpPD, yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada, Jakarta yang dirilis Tribunnews.com, kerokan jangan sembarangan. Kerokan akan mengakibatkan pembesaran pori-pori kulit yang berdampak buruk bagi kesehatan penderita tekanan darah tinggi.

Area yang tidak boleh dilakukan kerokan pada penderita tekanan darah tinggi adalah leher. Karena kalau dikerok dibagian ini, dikhawatirkan bisa akan memecahkan pembuluh darah besar. Menurut yang dirilis DokterSehat.com, pembuluh darah yang pecah memungkinan mereka tidak sadarkan diri bahkan meninggal dunia.

Walau belum tentu memecahkan pembuluh darah besar, namun kemungkinan bisa terjadi pada pembuluh darah kecil. Jika pembuluh darah kecil yang pecah, bisa menggangu memori pada otak. Untuk itu sebaiknya tidak mengerok pada bagian leher, karena dibagian ini sangat rawan.

Menurut pakar kesehatan Profesor Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, kerokan pada leher bagian depan juga tidak diperkenankan. Bukan cuma pembuluh darah, di area tersebut juga ada tulang rawan yang berkaitan dengan saluran pernafasan.

Untuk menghindari kerusakan pada saraf-saraf ini, dr. Didik menganjurkan untuk mengerok hanya pada bagian punggung dan lengan saja. Lebih baik menghindari kerokan pada bagian leher, yang bisa saja menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Niat mau nyembuhin masuk angin, malah jadi rusak kesehatan kita.

Kerokan Menurut Sudut Pandang Medis

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like