Apa Bedanya Gudeg Basah Dan Gudeg Kering

JogjaUpdate.com (2/5/17), Kita pasti tahu makanan yang menjadi ikon Jogja, ya Gudeg. Makanan berbahan dasar gori (nangka muda) ini termanya memiliki dua varian utama yang cukup terkenal. Ada Gudeg Kering dan Ada Gudeg Basah yang banyak ditemukan di Jogja. Lalu apa bedanya Gudeg Basah dan Gudeg Kering?

Dahulu kala di Jogja dan sekitarnya hanya mengenal satu jenis gudeg saja, yaitu Gudeg Basah. Gudeg ini dikenal sebagai masakan rakyat yang banyak ditemukan di sudut kota Jogja. Namun pada tahun 1950-an, barulah Gudeg Jenis kering ini muncul. Gudeg Kering ini muncul karena banyaknya minat wisatawan yang menginginkan gudeg sebagai oleh-oleh.

Perbedaan paling mencolok adalah penggunaan kuah arehnya. Kuah areh merupakan Kuah kental yang dari dari santan kelapa bercampur dengan ampas minyak kelapa atau blondho. Pada Gudeg Basah, penggunaan kuah Arehnya lebih banyak dan lebih encer. Sedangkan Pada Gudeg Kering tidak banyak menggunakan kuah areh.

Karena Gudeg Kering tidak banyak menggunakan kuah areh, maka gudeg ini menjadi lebih awet bertahan lama. Sehingga Gudeg Kering ini lebih banyak digunakan sebagai oleh-oleh. Walaupun demikian, Gudeg Kering tetap cuma bertahan beberapa hari saja. Sedangkan Gudeg Basah, tidak bisa lebih dari satu hari dan harus sering-sering dihangatkan kembali agar tidak basi.

Rasa kedua Gudeg ini juga berbeda, dipengaruhi dari banyaknya kuah aren maupun tambahan didalamnya. Gudeg Basah rasanya lebih ke gurih dan pedas, malah ada Gudeg Mercon yang sangat pedas. Sedangkan Gudeg Kering, rasanya cenderung lebih manis. Rasa manis ini didapatkan dari penggunaan gula jawa atau gula merah.

Waktu penjualan Gudeg ini juga berbeda, walaupun sama-sama disajikan secara tradisional. Gudeg Kering biasanya di jual di pagi hari hingga siang, seperti Gudeg Wijilan. Sedangkan Gudeg Basah biasanya dijajakan pada malam hari hingga pagi buta. Dan memang lebih banyak digunakan sebagai menu makan malam.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like