Jebul Rumah Kecil Minimalis Bisa Buat Hidup Lebih Hemat

JogjaUpdate.com (5/12/17), Rumah adalah kebutuhan primer seseorang untuk bertempat tinggal. Banyak orang yang mendambakan rumah besar megah magrong-magrong dengan tanah luas. Namun apa daya, dengan anggaran minimalis yang terbeli hanya rumah kecil minimalis saja.

Ternyata banyak manfaat atau kelebihan dari rumah kecil minimalis dibandingkan rumah besar megah. Bukan hanya harganya, namun rumah kecil seperti tipe 21 atau tipe 36 dapat mempengaruhi gaya hidup juga. Dengan rumah seperti ini ternyata dapat membuat hidup lebih hemat. Kok bisa? ini alasannya:

1. Tidak butuh jasa pembantu

Mengurus dan membersihkan rumah kecil tidaklah serepot dan secapek rumah besar dengan halaman luas. Dengan ini kamu tidak perlu lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga atau pembantu. Cukup urus dan bersihkan sendiri saja, anggap saja sebagai kegiatan olahraga yang menyehatkan.

2. Tidak perlu hiasan besar yang mahal

Rumah kecil minimalis lebih cocoknya dengan hiasan-hiasan minimalis, bukan yang besar-besar dan berharga mahal. Jangan paksakan untuk pasang hiasan besar dan mahal, selain belum tentu muat masuk ke dalam rumah juga bikin sumpek. Cukup siasati dengan hiasan dinding, foto-foto kenangan.

3. Tidak cocok dengan furniture besar

Sama seperti hiasan, rumah kecil minimalis juga akan membatasi kamu untuk membeli furnitur. Furnitur besar dan berharga mahal, tidak hanya membuat ruangan penuh sesak namun belum tentu muat masuk ke dalam rumah. Pilih saja perabotan kecil dan sederhana yang biasanya berharga murah, untuk memberikan kesan lega.

4. Hemat tagihan listrik dan pajak

Rumah kecil tentu saja tidak memerlukan lampu penerangan yang banyak, dan tidak perlu lampu yang besar. Dengan lampu kecil yang hemat daya, kamu juga bisa menghindari bengkaknya tagihan listrik. Begitu juga dengan pajak, rumah kecil akan lebih murah dibandingkan rumah besar.

5. Menghindari sifat konsumtif

Sempitnya rumah kecil akan membatasi ruang untuk menyimpan barang di dalam rumah. Hal ini akan menjadi tambahan pertimbangan ketika ingin membeli barang, apakah masih ada tempat yang cukup di rumah. Pastinya keterbatasan ruang ini akan mengurangi hasrat untuk belanja.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like