Cara Menyiasati Kamar Kos Yang Sempit

JogjaUpdate.com (4/5/17), Sedang jadi anak kos? Gimana kamar kos kamu? Sempit? Kamar kos yang sempit sebenarnya bisa disiasati dengan berbagai macam cara. Memang gampang-gampang susah sih dalam menatur kamar agar terlihat lebih lega dan nyaman ditempati. Butuh kreativitas dan tenaga buat angkat-angkat barang untuk menata kamar.

Berikut ini adalah cara menyiasati kamar kos yang sempit:

1. Menata Posisi Furnitur

Yang pertama harus kamu tata adalah furnitur dalam kamar seperti tempat tidur, lemari, meja belajar dan kursi. Posisikan sebisa mungkin tempat tidur sedekat mungkin dengan meja belajar, untuk memudahkan mengambil barang saat bangun tidur. Kemudian upayakan posiis lemari berseberangan dengan tempat tidur.

2. Menata Posisi Peralatan Elektronik

Barang kedua yang sering memenuhi kamar adalah barang-barang elektronik seperti komputer, dispenser, rice cooker, kipas angin, dan lain-lain. Aturlah posisi dan kelompokan barang elektronik sesuai dengan fungsinya. Misalnya dispenser dekatkan dengan alat-alat masak lainnya seperti rice cooker. Selain memberikan kesan lega, penataan seperti ini juga memudahkan dalam menggunakannya.

3. Atur Isi Lemari

Aturlah isi lemari dengan baik, dan optimalkan kapasitas penyimpanannya. Jangan biarkan barang-barang berserakan di kamar. Kalau bisa disimpan dilemari, simpanlah. Namun kamu perlu juga mengatur barang dalam lemari sesuai kegunaannya. Misal pisahkan mana bagian baju kuliah atau kerja dengan baju harian. Sehingga tetap memudahkan pencariannya.

4. Manfaatkan Dinding

Dinding kamar kos yang polos bisa kamu manfaatkan untuk mengatur barang-barang. Beberapa jenis televisi jaman sekarang bisa dipasang di dinding, sehingga menghemat tempat. Bisa juga memanfaatkan floating shelf atau rak melayang untuk menaruh barang-barang. Namun sebelumnya, pastikan mendapat izin dari pemilik kos untuk bisa memasang rak dan tv di dinding.

5. Manfaatkan Sisa Ruang Sekitar Furnitur

Biasnaya beberapa furnitur menyisakan ruang disekitarnya, seperti kolong tempat tidur, atas lemari dan kolong meja. Kamu bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan tambahan. Namun seperti kolong tempat tidur yang susah dalam mengeluarkan barangnya, sebaiknya pilih barang yang jarang digunakan.

6. Rutin Membersihkan Kamar

Mau seluas apapun kamar kos, kalau banyak barang berantakan pasti akan terlihat sempit juga. Bersihkan kamar kos kamu secara rutin, karena kamar kos yang rapi dan bersih akan lebih nyaman. Selain itu juga akan meminimalisir tumpukan barang-barang yang tidak berguna dan sampah-sampah yang menggunung.

7. Pindah Kamar 

Ya kalau memang kamar kos kamu benar-benar sempit dan tidak muat menyimpan barang kamu, pilihannya pindah kamar yang lebih luas.

 

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like