4 Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone

JogjaUpdate.com (12/4/17), Makin lama makin banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone atau kecanduang perangkat gadget ini. Karena memang banyak dampak dari penggunaan smartphone baik itu dampak postif maupun negatif. Berikut ini ada 4 cara mengatasi kecanduan Smartphone.

1. Silent Smartphone

Salah satu yang mengalihkan perhatian adalah notifikasi dari smartphone, baik itu chat maupun dari social media. Notifikasi smartphone ini juga bisa membuat orang ketagihan untuk langsung mengecek smartphone. Dengan mengaktifkan mode silent, atau mematikan segala suara dan getaran dari notifikasi ini bisa melepaskan sejenak dari jeratan smartphone.

2. Prioritaskan Notifikasi Yang Penting Saja

Karena notifikasi inilah yang membuat orang susah lepas dari jeratan smartphone, kamu bisa mengatur notifikasi apa saja. Pilihlah hanya notifikasi-notifikasi yang penting-penting saja ditampilkan. Kamu bisa juga mengaktifkan mode silent untuk beberapa group chat yang dirasa tidak penting. Sehingga kamu cuma mendapat pemberitahuan dari pesan penting saja.

3. Aktivitas Tanpa Smartphone

Cobalah melakukan aktivitas yang dilakukan tanpa melibatkan smartphone, seperti olahraga. Kamu bisa mengajak teman-teman, keluarga maupun pasangan untuk berolahraga bersama. Misal bermain basket, futsal atau permainan lain yang tidak melibatkan smartphone. Setidaknya kamu bisa terhindar dari smartphone untuk beberapa jam selama berolahraga ini.

4. Smartwatch

Perangkat jam tangan pintar atau Smartwatch dipercayai bisa mengurangi ketergantungan pada smartphone. Dimana beberapa fitur smartphone seperti notifikasi dipindahkan ke jam tangan ini. Dengan ini bisa membuat kamu tidak terlalu sering membuka smartphone. Sekarang banya pilihan Smartwatch sesuai dengan selera.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like