Ini Tanda-tanda Smartphone Android Terserang Malware

JogjaUpdate.com (21/12/17), Malware adalah sejenis sofware berbahaya yang sering menjangkit komputer maupun perangkat lainnya seperti smartphone. Sebagai sistem dengan pengguna terbanyak, Smartphone Android menjadi sasaran serangan Malware. Yang akhirnya kinerja smartphone Android terganggu.

Baca: Tanda-Tanda Browser Terinfeksi Malware

Serangan Malware pada smartphone Android tidak hanya dari APK pihak ketiga saja. Bahkan beberapa waktu lalu ramai aplikasi di Google Play Store yang tersjangkit Malware. Sehingga kadang susah untuk membedakan mana aplikasi yang sehat dan steril, mana yang sudah terserang Malware.

Lalu bagaimana cara mengenali Android terserang Malware atau tidak? Berikut ini ada beberapa tanda-tanya menurut yang dimuat Make Use Of (21/12/17):

1. Kuota berkurang tanpa disadari

Banyak Malware yang mengumpulkan data akun perbankan, nomor kartu kredit, kontak, dan data lainnya. Begitu mendapatkan data-data ini, Malware akan mengirimkannya kepada penjahat yang menyebarkan atau pembuat software jahat ini. Dalam mengirimkan data tersebut, akan memakai kuota internet yang tidak sedikit.

2. Smartphone lemot

Malware juga berpotensi membuat smartphone lemot karena memakai banyak sumber daya. Ketika banyak sumber daya CPU, RAM, maupun GPU dipakai, akan membuat smartphone melambat. Walaupun telah di-reboot, tidak ngaruh karena Malware terus memakai sumber daya smartphone.

3. Baterai boros

Ketika berjalan, Malware memakan banyak sumber daya CPU, RAM, dan GPU, baterai pun juga akan terkuras. Malware memang dirancang bekerja di background tanpa disadari terus menyedot baterai. Hingga tanpa disadari smartphone pun menjadi boros karena Malware yang terus berjalan.

4. Panggilan sering terputus

Kadang-kadang ketika sedang menelepon, tiba-tiba terputus sendiri karena sulit sinyal? Bisa jadi terserang Malware. Beberapa Malware memang sering mengganggu fungsi-fungsi lain seperti telepon.

Baca: Cara Mencegah Aplikasi Android Terinfeksi Malware

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like