Jangan Panik Ketika Tersedak Duri Ikan, Ini Cara Mengatasinya

JogjaUpdate.com (06/08/18), Ikan memang bergizi tinggi dan harganya terjangkau. Namun beberapa jenis ikan memiliki duri halus yang bikin masalah. Tidak jarang ada yang sampai tersedak duri ikan.

Biasanya duri-duri ikan yang tipis nyangkut di belakang mulut atau kadang di kerongkongan. Kamu jangan panik dulu ketika mengalami masalah ini. Ada beberapa cara alami untuk mengatasinya.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

Berikut ini 3 cara alami atasi masalah tersedak duri ikan.

1. Nasi

Nasi hangat bisa digunakan untuk menghanyutkan duri ikan yang nyangkut. Caranya buat kepalan nasi hangat, jangan terlalu besar.

Telan utuh-utuh bulatan nasi hangat tersebut dan jangan dikunyah. Nasi tersebut akan membawa masuk duri ikan yang nyangkut. Jangan lupa sediakan air putih hangat segelas. Minum setelah menelan nasi.

2. Pisang

Buah pisang juga punya tekstur lengket yang bisa menghanyutkan duri ikan yang nyangkut. Potong daging buah pisang agak kecil lalu langsung telan tanpa dikunyah.

Jika terasa terlalu keras, bisa di lunakkan dahulu dengan dipenyet-penyet di dalam mulut. Namun jangan sampai hancur. Lalu ditelan. Ulangi beberapa kali sampai duri hanyut.

Baca Juga: Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Dan Hancur

3. Kacang

Jangan salah, ternyata kacang-kacangan juga bisa bantu dorong duri ikan yang nyangkut. Teksturnya bisa menyapu mulut dan tenggorokan.

Caranya, kunyah kacang namun jangan sampai halus. Usahakan teksturnya masih sedikit kasar. Lalu telan, dan lakukan beberapa kali sampai duri ikut terdorong ke dalam.

4. Air Garam Hangat

Campurkan air hangat dengan garam, lalu gukanan untuk kumur-kumur. Arahkan ke bagian yang terasa ada duri yang menyangkut.

Baca Juga: Tips Memasak Ikan Tidak Amis

Itulah tiga cara alami atasi tersedak duri ikan yang menjengkelkan. Selamat mencoba.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like