Cara Jadi Pemimpin Yang Baik Dalam Kerja Tim

JogjaUpdate.com (3/9/17), Bekerja dalam kelompok atau tim bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk menjadi pemimpin. Seorang pemimpin tim harus bisa mengorganisir anggotanya sekaligus menyelesaikan pekerjerjaannya. Lalu bagaimana cara jadi pemimpin yang baik dalam kerja tim?

Berikut ini adalah 5 cara seorang pemimpin yang baik untuk membangun kerjasama tim seperti yang dimuat success.com:

1. Rendah hati

Jadi seorang pemimpin dalam tim harus bisa memastikakan anggotanya bekerja dengan baik. Pemimpin tugasnya bukan cuma memerintah, namun dapat bekerja sama dengan semua anggota. Berikan kesempatan para anggota untuk memberikan saran atau kritik. Adapun pemimpin yang baik, tidak membuat batasan kepada dirinya dan anggotanya.

2. Peratudan dalam berkomunikasi

Dalam mejalankan tugas bersama, pastinya dibutuhkan komunikasi antar anggota maupun dengan pemimpin. Sering kali terjadi kesalahpahaman antara pemimpin dan anggota tim. Untuk mengatasinya, sebagai seorang pemimpin harus dapat memberikan peraturan dalam berkomunikasi.

3. Puji Secara Terbuka dan kritik secara pribadi

Setiap orang pasti menyukai pujian, apalagi mendapatkannya didepan orang lain. Tidak ada salahnya memuji beberapa anggota tim untk membantu mereka lebih bersemangat dan memotivasi. Sedangkan kritikan akan lebih baik diberikan secara pribadi. Namun dalam dunia kerja, tidak akan berjalan dengan mulus.

4. Saling menghormati

Hal yang paling perlu diingat oleh semua anggota tim termasuk pemimpin adalah saling menghargai. Dengan begitu, semua hal yang dilakukan dapat berjalan lebih lancar. Misalnya ada yang sedang kesusahan, bantulah. Nantinya, bila kamu sedang dalam kesusahan, orang lain akan membantumu.

5. Memberikan contoh positif

Seporang pemimpin perlu mempertimbangkan perilakunya kepada orang lain. Atau mungkin perlu merubah cara berpakaian, cara berkomunikasi, dan cara bekerja. Apa yang dilakukan pemimpin dalam pekerjaan, bisa menjadi contoh atau panutan bagi anggota tim lainnya. Berusahalan menjadi pemimpin yang memberikan contoh baik, setiap anggota akan mengikuti.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like