Libur Long Weekend Tidak Harus Bepergian, Banyak Kok Aktivitas Menarik di Rumah

JogjaUpdate.com (18/12/17), Libur panjang di akhir pekan atau disebut long weekend, sering dimanfaatkan orang untuk berwisata. Namun tidak ada salahnya kok menghabiskan libur long weekend di rumah saja. Banyak aktivitas menarik dan bermanfaat yang bisa dilakukan saat libur long weekend.

Baca: Ini Daftar Hari Libur Dan Cuti Bersama Di Tahun 2018

Pada intinya libur adalah refresing dari rutinitas sehari-hari yang dilakukan. Memang salah satunya adalah dengan berwisata bersama orang-orang tersayang dan keluarga. Namun bagi yang tidak bisa bepergian dan malas bermacet-macet ria bisa coba beberapa aktivitas di rumah berikut ini untuk mengisi libur long weekend:

Bersih-bersih rumah

Mungkin selama ini kamu selalu sibuk dengan rutinitas sehingga barang-barang di rumah yang terbengkalai. Seperti lemari baju, rak buku, rak alat masak dan makan, dapur, juga gudang. Manfaatkan hari libur yang panjang untuk membersihkan dan menata ulang rumah. Bisa juga menata ulang interior agar tampak lebih fresh.

Memperbaiki rumah

Ada beberapa bagian rumah yang sering kali terbengkalai hingga rusak dan belum sempat dibetulkan. Misalnya genteng bocor, cat tembok yang sudah mulai mengelupas, keran air jebol hanya ditambal seadanya. Manfaatkan hari libur kamu untuk membetulkan bagian-bagian rumah ini sebelum semakin parah dan merembet ke bagian lain.

Baca: 5 Cara Liburan Anti Ribet Tanpa Harus Keluar Kota

Mbengkel

Selain rumah, mengurus kendaraan juga bisa jadi pilihan aktivitas menarik. Dari sekedar mencuci kendaraan pribadi yang selama ini digunakan, hingga sedikit membetulkan bagian-bagian yang rusak. Atau bahkan memodifikasi sendiri kendaraan kamu biar tampil lebih menarik dan bisa buat pamer besok.

Berkebun

Jika punya lahan lebih, tidak ada salahnya dimanfaatkan untuk berkebun. Menanam pohon penghias, perindang, atau yang bisa berbuah. Berkebun juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan bersama anggota keluarga lainnya di rumah. Dan nantinya pasti kita akan mendapatkan manfaat dari berkebun.

Memasak

Kapan lagi bisa makan bersama seluruh anggota keluarga di rumah kalau tidak libur long weekend. Sebelum makan bersama, lebih menyenangkan untuk memasaknya bersama juga. Dari sekedar masakan sayur hingga lauk pauk, atau membuat kue bersama. Bisa juga mengadakan bakar-bakar bersama, seperti ayam atau sekedar sosis.

Baca: Daftar Kesalahan Yang Sering Dilakukan Di Saat Liburan, Hindari Ya!

Proyek prakarya

Mungkin selama ini kamu memiliki keinginan untuk membuat sesuatu sendiri di rumah. Seperti proyek-proyek Do It Yourself (DIY), misalnya membuat meja, kursi, atau hiasan di rumah. Libur panjang ini mungkin saat kamu memulai proyek prakarya kamu sendiri di rumah.

Merawat koleksi

Libur panjang juga saat yang tepat bagi kamu yang memiliki hobi koleksi sesuati. Kamu bisa memulainya dengan merawat barang-barang koleksimu dari membersihkannya hingga menatanya. Bukan hanya koleksi barang-barang yang bersifat nyata, koleksi ‘Digital’ juga sebaiknya dirawat, dipilah-pilah manan yang memang disukai.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like