Daftar Kesalahan yang Sering Dilakukan di Saat Liburan, Hindari Ya!

JogjaUpdate.com (28/7/17), Saat liburan, sering kali kita melakukan hal-hal yang justru menyusahkan diri sendiri. Kesalahan yang bisa terulang beberapa kali atau tidak sengaja terjadi di salah satu perjalanan liburan. Kesalahan yang tentu akan mengurangi keceriaan, kesenangan, hingga kenyamanan selama liburan.

Untuk itu, berikut daftar rangkuman kesalahan yang banyak dilakukan saat liburan. Tujuannya, agar kamu bisa menghindarinya dan menjamin liburan menjadi sangat berkesan. Untuk itu, ingat baik-baik dan hindari kesalahan-kesalahan berikut ini :

Minim Informasi

Banyak sekali kerugian dari yang terkecil hingga besar, bila kamu minim informasi. Mulai dari informasi perjalanan seperti update harga tiket kereta api, informasi lokasi tujuan wisata, dan sebagainya.

Tanpa informasi yang cukup, kamu bisa saja mendapatkan harga tiket transportasi lebih mahal. Kamu juga berpotensi kehilangan banyak momen berharga atau melewatkan spot wisata menarik di daerah tujuan wisata.

Untuk itu, sebaiknya kamu mencari sebanyak-banyaknya informasi sebelum berlibur. Untuk mendapatkan harga tiket kereta api yang lebih murah, kamu bisa pesan di Traveloka.

Pastikan liburanmu sesuai harapan dan impian dengan berburu informasi di internet. Kamu juga bisa bertanya langsung pada teman atau traveler lain yang pernah berkunjung ke daerah wisata yang ingin dituju.

Kurang Persiapan

Sebaiknya kamu juga jangan meremehkan persiapan sebelum berangkat liburan. Mulai dari persiapan fisik yang sehat, transportasi seperti tiket kereta api, booking hotel, hingga mempersiapkan pakaian, peralatan liburan dan camilan. Persiapan ini juga termasuk mempersiapkan bujet yang dibutuhkan selama liburan.

Persiapan yang kurang seringkali mengganggu kenyamanan liburan dan tidak jarang membuat bingung ketika liburan. Alhasil, liburan bukannya merasa tenang dan senang, justru banyak pikiran dan makin suntuk.

Tidak Mengutamakan Transportasi Publik

Kecenderungan di Indonesia lebih memilih menggunakan transportasi pribadi ketika berlibur. Tujuannya untuk berhemat dan lebih fleksibel. Namun faktanya, pilihan ini sering mendatangkan kerugian. Apalagi ketika berlibur di musim liburan.

Misalnya terjebak macet berjam-jam, kelelahan di perjalanan, kemungkinan salah jalan, hingga boros pengeluaran. Padahal transportasi publik saat ini sudah semakin baik, tiket mudah didapat dengan harga yang murah. Contohnya seperti kereta api.

Kamu cukup memesan secara online dan berangkat di tanggal yang telah ditentukan. Selama di kereta pun masih bisa beristirahat, menikmati pemandangan, dan bersenda gurau bersama kawan atau keluarga yang diajak berlibur.

Salah Memilih Waktu Liburan

Satu kesalahan ini cukup sering dilakukan ketika merencanakan atau pergi berlibur, yakni salah memilih waktu. Kesalahan yang bisa membuatmu tidak bisa menikmati liburan dan justru merasa kesal. Contohnya liburan saat long weekend yang cenderung macet dan
padat.

Di musim liburan harga transportasi publik seperti kereta api pun cenderung lebih mahal. Bila ingin mendapatkan harga terjangkau kamu perlu sering cek promo dari agen perjalanan dan selalu update informasi.

Namun, sangat disarankan untuk memilih liburan di saat yang tepat. Caranya dengan rajin mengupdate informasi dari agen perjalanan terkait tranportasi dan penginapan, hingga memilih waktu low season.

Tidak Membuat Batasan Pengeluaran

Satu lagi kesalahan yang perlu diwaspadai saat berencana atau berangkat liburan ialah pengeluaran. Seringkali karena terlalu asyik berlibur, kita jadi mudah mengeluarkan uang. Alhasil, setelah liburan baru terasa betapa boros dan banyaknya pengeluaran dan
mengganggu kebutuhan lainnya.

Jadi, agar tak kehabisan uang dan menjadi boros, sangat dianjurkan untuk membuat batasan pengeluaran. Kamu pun harus patuh pada batasan yang telah dibuat, karena kebutuhan bukan hanya untuk liburan.

Demikian kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari saat liburan. Bila kesalahan di atas bisa kamu hindari, maka liburan bisa terasa lebih menyenangkan.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like