7 Air Terjun Di Jogja Yang Harus Dikunjungi

JogjaUpdate.com (31/3/17), Keindahan wisata alam Jogja sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari jejeran pantai hingga air terjun yang masih terjaga keasriannya. Bukan sekedar indah, air terjun membuat kita jadi lebih rileks, tenang dan begitu bersemangat. Dan kali ini kami bahas 7 air terjun di Jogja yang harus dikunjungi.

1. Air Terjun Grojokan Sewu

Nama Air Terjun Grojokan Sewu memang identik dengan tempat wisata ternama di Jawa Tengah. Namun siapa sangka kalau di Kulonprogo juga mempunyai air terjun yang bernama sama, Grojokan Sewu. Dinamakan Grojokan Sewu karena memiliki banyak jeram dan undakan sehingga membuatnya terlihat seperti beberapa air terjun yang terkumpul jadi satu.

Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Untuk menuju lokasi, dari Kota Yogyakarta kamu ambil Jalan Godean menuju Nanggulan. Kemudian menuju Pasar Kenteng lalu Kecamatan Girimulyo ke arah Pasar Jonggrang, barulah kamu menemukan Dusun Beteng.

 

2. Air Terjun Sidoharjo

Untuk air terjun yang satu ini memang tersembunyi, namun memiliki keindahan yang luar biasa. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian 75 meter berpadu dengan dinding batu cadas. Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini adalah adanya bunga-bunga liar yang tumbuh subur di sekitarnya. Kadang juga didatangi oleh kera-kera berekor panjang.

Air Terjun Sidoharjo ini juga berlokasikan di Kecamatan Samigaluh. Untuk menuju lokasi dari Kota Yogyakarta kamu ambil Jl Godean terus kebarat hingga melewati Jembatan Kali Progo ke Nanggulan. Di perempatan Nanggunlan ambil kanan (Utara), sampai di perempatan Dekso ambil kiri ke arah Samigaluh. Sampai di pertigaan jalan menanjak ambik kanan kearah MTs Sidoharo. Untuk ke Air Terjun Sidoharjo ini ambil jalan kecil disebelah MTs.

Take me as I am or watch me as I go. ? : @arbisaputro

A post shared by Fauzia Syarifah (@fauziasyrfh) on

 

3. Grojokan Lepo

Di Bantul ada Grojokan Lepo yang menawarkan keindahan air terjun berundak. Diundakan pertama memiliki kedalaman sekitar 2 meter, sehingga banyak dimanfaatkan untuk berenang. Untuk yang tidak bisa beremamg bisa bermain air diundakan kedua atau ketiga yang lebih dangkal.

Grojokan Lepo ini berada di dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, atau sebelah Timur Kebun Buah Mangunan. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menempuh Jalan Imogiri Barat mengambil arah Mangunan. Kemudian ambil arah Pasar Dlingo menuju Dusun Pokoh, lalu ikuti papan petunjuh arah yang telah tersedia. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat kordinal lokasinya di sini.

Lupakan mantan , nikmatin alam ⚘ #airterjunlepo

A post shared by From God to God ? (@gracelia1120) on

 

4. Kedung Pedut

Mencari tempat wisata yang sejuk dan menyegarkan? Kedung Pedut solusinya, berlokasi di Kulonprogo yang kini tengah ramai dibicarakan. Disini kamu bisa menikmati keindahan air terjur dan kesejukan alam sekitar. Selain itu di sekitaran Kedung Pedut ini kamu juga bisa menemukan beragam air terjun, seperti Air Terjun Kembang Soka dan Grojogan Mudal.

Lokasi Kedung Pedut ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Untuk menuju lokasi dari Kota Yogyakarta kamu bisa mengambil Jalan Godean menuju Nanggulan, terus saja mengambil arah Goa Kiskendo. Sesampainya di Goa Kiskendo kamu bisa ambil kiri dan berurutan kamu bakal memenemui Gerojokan Mudal lalu Air Terjun Kembang Soka, baru kamu sampai Kedung Pedut. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

 

5. Air Terjun Sri Gethuk

Untuk air terjun ini memang cukup terkenal di kalangan wiatawan maupun masyarakat Jogja. Keindahan air terjun dan bebatuan karst menjadi daya tarik tersendiri. Selain karena keindahan alamnya, air terjun Sri Gethuk ini terkenal karena menjadi tempat syuting salah satu film Hollywood berjudul Beyond Skyline.

Untuk menuju ke sana pun cukup mudah karena sudah banyak papan petunjuk jalan sampai ke lokasi. Tepatnya terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Untuk ke air terjunnya sendiri bisa dengan jalan kaki atau menggunakan rakit sederhana yang dioperasikan pengelola.

SheDew Explore Jogja 3

A post shared by Wulan (@wulan_shedew) on

 

6. Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang ini tengah populer akhir-akhir ini karena keindahannya. Bahkan tidak kalah dibandingkan dengan keindahan wisata alam di luar negeri. Secara sekilas, dinding bebatuan di Luweng Sampang ini mirip dengan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah di musim penghujan, ketika debit air tengah tinggi-tingginya.

Lokasi air terjun Luweng Sampang ini berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi bisa melalui jalur Jalan Jogja-Wonosari, atau bisa melalui Klaten menggunakan jalur Wedi. Papan petunjuk menuju lokasi juga telah tersedia dengan cukup baik.

 

7. Air Terjun Kembang Soka

Kulonprogo memang dikenal dengan keindahan air terjunnya, salah satunya adalah air terjun Kembang Soka. Keunikan air terjun ini karena memiliki dua warna yang berbeda, yaitu putih dan hijau toska. Tidak hanya itu, bebatuan di tempat ini juga memiliki dua warna. Di dasar sungai bewarna kuning, sedangkan di tebing berwarna merah.

Air Terjun Kembang Soka letaknya di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Papan petunjuk jalan menuju lokasi juga telah terpasang dengan baik. Dinamakan Kembang Soka, karena salah satu sumber airnya berasal dari air bawah tanah. Dimana sumber di sekitar sumber air tersebut banyak tumbuh pohon kembang soka.

Menikmati air terjun.

A post shared by AY (@ay_tbay) on

 

Wisata Alam Kulonprogo
Wisata Alam Jogja

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like