Tips Menyimpan Gula Pasir Agar Gula Tidak Menggumpal dan Benyek

JogjaUpdate.com (21/10/17), Gula adalah salah satu bahan makanan atau bumbu yang penting di dapur. Tidak hanya untuk memaniskan minuman, gula juga penting sebagai bumbu beberapa resep masakan. Setiap dapur pasti ada tempat untuk menyimpan gula pasir, agar sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal diambil saja.

Menyimpan gula pasir memang tidak bisa sembarangan, apalagi dalam jumlah banyak. Jika tidak disimpan dengan baik, gula bisa mudah menggumpal bahkan benyek. Berikut ini ada beberapa tips untuk menyimpan gula pasir agar tahan lama, tidak menggumpal dan benyek menurut yang dimuat Vemale (20/10/17):

1. Simpan di wadah kering dan tertutup

Pastikan untuk menyimpan gula pasir ke dalam wadah yang kering dan tertutup. Akan lebih baik lagi jika wadah yang digunakan untuk menyimpan berbahan kaca atau keramik. Wadah dari bahan ini akan membuat bau gula tetap segar dan enak.

2. Jauhkan dari panas

Seperti diketahui, gula akan mudah meleleh jika terkena panas. Usahakan untuk menyimpan di tempat yang jauh dari panas, baik itu sinar matahari langsung atau kompor dan alat lain yang menimbulkan panas.

3. Simpan dengan daun jeruk atau cengkeh

Seperti pepatah, ada gula ada semut. Untuk mencegah datangnya semut, bisa menggunakan daun jeruk dan cengkeh. Gula yang disimpan bersama daun jeruk dan cengkeh tidak hanya mencegah dikerubuti semut, namun juga membuat gula tahan lama.

4. Jauhkan dari kelembaban

Jauhkan wadah penyimpanan gula pasir dari segala sesuatu yang lembab seperti makanan, minuman, atau tempat lembab. Segala sesuatu yang lembab bisa membuat gula pasir mudah menggumpal, benyek, hingga berair.

5. Beli gula pasir kualitas terbaik

Saat membeli gula pasir untuk disimpan, pilihlah yang berkualitas baik, kering, dan warnanya tidak terlalu merah atau cokelat. Gula yang putih bersih akan lebih tahan lama jika disimpan dalam waktu lama.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like