Kapan Waktu Terbaik Untuk Tidur Siang?

JogjaUpdate.com (22/8/17), Mungkin untuk beberapa yang bekerja, sudah lupa apa itu tidur siang. Kesibukan pekerjaan, dan tempat yang tidak memungkinkan untuk sekedar tidur sebentar di siang hari. Namun ada lho yang namanya power nap, atau tidur singkat namun menyegarkan.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa tidur kurang dari 30 menit di siang hari, walaupun dalam kondisi kelelahan sekalipun. Padahal menurut yang dimuat Kompas.com (22/8/17), mereka yang mampu tidur siang bisa memetik keuntungan bagi kesehatan, produktivitas dan kemampuan otak.

Lalu kapankan waktu yang paling efektif untuk memaksimalkan efek dari tidur siang? Menurut para ahli, waktu yang paling tepat untuk tidur ada disekitar jam 3 sore. Kenapa bisa demikian? Alasannya karena terkait dengan irama sirkadian yang mengalami penurunan sekitar jam 3 sore.

Tidak heran banyak orang yang merasakan ngantuk setelah makan siang, atau turun konsentrasinya menjelang sore hari. Itu sebabnya kenapa jam 3 sore dianggap sebagi waktu paling pas untuk sejenak tidur. Durasinya pun tidak disarankan terlalu lama, cukup hanya 20-30 menit saja.

Tidak disarankan untuk tertidur terlalu lama di siang hari, atau lebih dari 30 menit. Karena jika lebih dari itu, maka akan memasuki siklus tidur yang lebih dalam. Hal ini justru akan membuat pusing dan lemas setelah bangun tidur, atau para ahli sering menyebutnya dengan sleep inertia.

Dan bila di malam sebelumnya kurang tidur, disarankan menyempatkan waktu untuk tidur sebentar di siang hari.  “Saat kita kurang tidur, mood bisa berantakan, konsentrasi turun, kesehatan dan sistem imun juga rendah. Tak ada hal baik dari kekurangan tidur,” kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor dari Sekolah Kedokteran Universitas Southern California, AS.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa tidur di siang hari sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk kurang tidur. Setelah sejenak tidur, maka kita akan lebih awas, lebih kreatif, memiliki kemampuan memori yang lebih baik, dan kemampuan belajar juga bekerja dapat meningkat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like