Minum Air Terlalu Banyak Air Ternyata Bisa Membahayakan Tubuh

Jogjaupdate.com ~ Kekurangan cairan dapat membahayakan cairan tubuh. Tapi bagaimana bila kelebihan cairan? Ternyata, terlalu banyak mengasup cairan dapat menyebabkan hiponatremia atau pengenceran darah. Dalam kondisi ini, konsentrasi garam dalam darah berada dibawah batas normal.

Beberapa kasus hiponatremia dapat menyebabkan keracunan air, yang gejalanya mencakup sakit kepala, lelah, mual, muntah, sering buang air kecil dan disorientasi mental.

“Selain itu, hiponatremia berat juga dapat menyebabkan masuknya air ke dalam sel-sel otak dan memicu pembengkakan otak. Kondisi ini dapat mengakibatkan kejang, koma, gangguan pernafasan, gangguan pada batang otak bahkan kematian,” kata M. Amin Arnaout, Kepala nefrologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Harvard Medical School, seperti dilansir dari National Geographic.

google.com

Hormon antidiuretik dihasilkan oleh hipotalamus dan disekresikan ke dalam aliran darah oleh kelenjar pituitari. Hormon ini menginstruksikan ginjal untuk menghemat air. Peningkatan sekresi biasa terjadi dalam periode stres fisik—selama maraton, misalnya—dan dapat menyebabkan tubuh menghemat air, bahkan jika kita minum dalam jumlah berlebihan.

“Saat berolahraga, Anda harus mengkonsumsi cairan sebanyak keringat yang keluar. Jika Anda berkeringat sebanyak 500 mililiter per jam, sebanyak itulah cairan yang harus Anda minum,” saran Verbalis.

bagaimana kita menentukan sebanyak apa cairan yang harus kita minum? Minumlah sampai rasa haus hilang, itu adalah indikator terbaik. (070916)

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like