Ini Cara Mudah Untuk Tidur Nyenyak

JogjaUpdate.com (7/10/17), Bagi orang dewasa, banyak yang menganjurkan untuk tidur sekitar 7 hingga 8 jam sehari. Namun untuk gaya hidup saat ini, sangatlah susah untuk bisa tidur selama itu secara teratur. Jangankan cukup jam tidur teratur setiap hari, untuk tidur nyenak saja sulit.

Karena memang kualitas tidur, akan lebih berpengaruh dibandingkan lamanya waktu tidur. Banyaknya beban pekerjaan, tugas kuliah yang harus segera diselesaikan, sering terbawa-bawa hingga susah tidur. Belum lagi kondisi stres yang akhirnya berakhibat membuat sulit tidur nyenak.

Berikut ini ada 9 cara untuk bisa tidur nyenyak menurut yang dimuat Komapas.com (5/10/17):

1. Jangan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

Proses pencernaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga jangan langsung buru-buru berbaring setelah makan. Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu maag. Terkadang juga menimbulkan rasa sakit di perut, dada, dan tenggorokan.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur akan membantu tubuh untuk menurunkan temperatur alaminya dengan baik. Selain itu juga bisa membantu melemaskan otot-otot tubuh, agar keesokan paginya bisa bangun dengan lebih segar. Penurunan suhu tubuh ini memang salah satu hal alami untuk menandakan badan siap tidur.

3. Suhu kamar

Suhu kamar yang ideal demi mendapatkan tidur nyenak adalah sekitar 20°C hingga 23°C. Jika menggunakan pendingin ruangan, bisa diatur suhu sekitaran itu. Namun jika tidak, bisa diakali dengan baju tidur yang lebih nyaman. Jika gerah gunakan yang tipis, tapi jika dingin pakai selimut, Atau bisa tidur tanpa pakaian.

4. Jangan main gadget di tempat tidur

Melatonin adalah hormon alami tubuh yang diproduksi kelenjar pituitary yang membantu tidur dan hanya ada di malam hari. Dengan mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata akan mengirimkan sinyal pada kelendar pineal untuk memproduksi melatonin.

5. Meditasi

Olahraga ringan yang dibarengi dengan relaksasi napas selama 10 sampai 20 menit sebelum tidur akan sangat membantu. Namun jangan sampai berlebihan, karena akan semakin lelah dan terdistraksi dari tidur. Yoga atau meditasi adalah salah satu cara terbai untuk melawan insomnia, menurunkan stres dan mendapatkan tidur nyenyak.

6. Rutinitas malam sederhana

Matikan lampu-lampu sebelum jam 10, minum teh hangat, atau baca buku ringan menjelang tidur. Apapun itu, membiasakan diri dengan rutinitas kecil di malam hari untuk memberitahu otak bahwa waktu tidur seudah dekat. Sehingga otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

7. Jauhkan jam

Jika susah tidur atau sering terbangun di tengah malam dan melihat jam, maka lebih baik jauhkan dari tempat tidur. Jam bisa membuat kamu seakan terhantui oleh waktu, gugup, dan cemas, yang akhirnya membuat sulit memulai atau kembali tidur dengan nyenak.

8. Siapkan baju dan tas kantor

Mempersiapkan apa yang diperlukan untuk ke kantor besok hari bisa menghabiskan waktu sebelum tidur. Bukan saja membuat kamu lebih cepat mengantuk, dengan mempersiapkannya sebelum tidur akan menghemat waktu keesokan paginya. Besok pagi kami tidak lagi bingung dan terburu-buru mempersiapkan diri.

9. Kurangi kopi dan alkohol di sore hari

Untuk mendapatkan tidur nyenyak, kurangi atau bahkan hentikan konsumsi kafein baik dalam bentuk kopi maupun minuman energi. Juga yang dalam bentuk permen, cokelat, dan permen. Begitu juga dengan alkhohol, sebaiknya hindari setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like