Cara Menyimpan Pisang Agar Awet Dan Tidak Cepat Menghitam

JogjaUpdate.com (17/8/17), Pisang merupakan salah stu buah yang banyak disukai orang dan mudah untuk ditemukan. Selain rasanya enak, pisang juga memiliki banyak manfaat dan gizi. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menyimpan pisang agar awet dan tidak mudah menghitam.

Tanda-tanda kulit pisang menghitam membuatnya menjadi tidak menarik untuk dilihat. Juga membuat orang yang ingin memakannya jadi tidak berselera. Kulit pisang yang mulai muncul tanda-tanda menghitam juga menunjukan kondisi yang mulai memburuk. Tekstur dagingnya akan melembek dan tidak segar lagi.

Namun tenang, karena ada cara untuk memperlambat pisang agar tidak mudah menghitam. Berikut ini adalah tips menyimpan pisang agar awet menurut yang dimuat Health:

1. Pilih Pisang Yang Baik

Saat membeli pisang, usahakan untuk memilih pisang yang baik dan jangan yang terlalu tua. Jika ingin membeli pisang untuk disimpan beberapa hari, carilah pisang yang masih sedikit memiliki warna hijau. Itu tandanya pisang belum terlalu matang, dan bisa bertahan lebih lama.

2. Simpan Dengan Baik

Suhu panas bisa membuat pisang jadi lebih cepat matang dan busuk, sehingga tidak bisa disimpan lebih lama lagi. Lebih baik simpanlah pisang dalam ruangan yang sejuk, juga hindarkan dari panas matahari secara langsung. Tidak disarankan untuk langsung menyimpan pisang di dalam kulkas.

3. Menyinpan Di Kulkas

Jika ingn menyimpan di kulkas, jangan pilih pisang yang belum matang atau masih berwarna hijau. Dengan menyimpan di kulkas bisa membuat pisang seperti ini jadi lebih cepat busuk. Pilihlah pisang yang benar-benar matang untuk disimpan di dalam kulkas. Biasanya pisang yang sudah matang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecoklatan di kulitnya.

Walaupun demikian, jangan menyimpan pisang di dalam kulkas terlalu lama. Pisang yang berada di dalam kulkas hanya mampu bertahan selama 4 hari saja. Dan ketika sudah mengeluarkan pisang dari kulkas, segeralah makan. Karena pisang yang habis keluar dari kulkas akan lebih mudah menghitam karena pengaruh suhu rungan lebih panas dibandingkan kulkas.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like