Cara Mengasah Pisau Agar Tajam Dan Tahan Lama

JogjaUpdate.com (17/8/17), Salah satu peralatan dapur yang wajib selalu ada dan penting adalah pisau. Karena pisau ini penting untuk memotong-motong bahan makanan yang hendak dimasak. Namun pisau perlu dilakukan perawatan seperti diasah, agar dapat berfungsi dengan baik. Tahu cara mengasah pisau agar tajam dan tidak mudah tumpul?

Pisau yang tumpul selain menyusahkan dalam memotong, juga membuat hasil potongan tidak rapi. Yang akhirnya proses memasak pun terganggu hanya karena pisau tidak berfungsi dengan bagik. Untuk itulah diperlukan teknik yang benar untuk mengasah pisau agar tajam dan tahan lama. Bagaimana caranya?

  1. Pilih alat asah yang tepat, misalnya seperti batu asahan yang memiliki dua permukann. Ada permukaan kasan dan ada permukaan yang halus.
  2. Basahi permukaan batu asah terlebih dahulu dengan air. Air berfungsi sebagai pelumas saat mengasah pisau pada permukaan batu asahan.
  3. Tempelkan mata pisau yang ingin diasah pada permukaan patu asah dengan kemiringan 10-20 derajat. Dikira-kira saja, tidak perlu diukur pakai busur derajat.
  4. Asah pisau dengan melakukan gerakan satu arah saja. Jangan melakukan gerakan dua arah atau bolak-balik, karena akan membuat pisau jadi tumpul.
  5. Setelah terasa cukup tajam, cukupkan mengasahnya. Tidak perlu dilanjutkan, nanti habis pisaunya.
  6. Bersihkan pisau dengan air bersih, karena bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel jika tidak segera dibersihkan.
  7. Keringkan, dan pisau siap untuk digunakan.
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like