4 Pengeluaran Yang Bisa Dihemat Saat Bulan Puasa

JogjaUpdate.com (1/6/17), Banyak yang bilang bulan puasa itu malah lebih banyak pengeluarannya. Dari menu sahur dan berbuka yang lebih beragam, hingga membeli menu-menu yang tidak biasa. Padahal seharusnya bisa berhemat selama bulan puasa lho, bukan malah boros.

Karena saat puasa, bukan cuma soal menahan rasa lapar dan dahaga saja, tapi juga keinginan untuk memuaskan hawa nafsu lainnya. Dari konsep ini seharusnya bisa mensiasati pengeluaran-pengeluaran apa yang seharusnya bisa dihemat. Dan berikut ini ada beberapa pengeluaran yang bisa dihemat menurut DuitPintar.com:

1. Makan Siang

Di bulan puasa pastinya kamu tidak makan siang, sedangkan budhet jatah sarapan digunakan untuk sahur dan jatah makan malam untuk berbuka. Lihat berapa pengeluaran makan siang yang biasanya dikeluarkan? Itulah yang bisa dihemat saat bulan puasa. Namun jangan sampai dihilangkan, kamu bisa menyisihkan untuk menambah sahur dan buka puasa.

2. Camilan

Kadang-kadang di antara jam sarapan dan makan siang atau sore hari, muncul keinginan untuk mencari camilan. Karena puasa, maka camilan ini jelas tidak ada atau harus ditahan. Dengan kata lain, uang yang biasanya untuk membeli camilan ini bisa dihemat atau ditabung saja.

3. Rokok dan Kopi

Bagi yang hobi untuk ngopi atau merokok, hanya bisa disalurkan ketika sahur atau buka puasa saja. Yup, pastinya anggaran untuk ngopi di kafe atau untuk membeli rokok ini bisa diminimaliskan. Dan jelas bisa ditabung untuk menambah budget beli baju baru hari raya, atau THR tambahan.

4. Rekreasi dan Hiburan

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like