Jebul Ampas Kopi Bisa Diolah Jadi Bahan Bakar

JogjaUpdate.com (23/11/17), Di tengah harga minyak yang tidak menentu dan ketakutan kehabisan cadangan minyak, mendorong para peneliti untuk membuat inovasi bahan bakar alternatif. Salah satunya adalah mengolah ampas kopi menjadi bahan bakar yang bisa menyalakan mesin bus.

Adalah Bio-Bean, sebuah perusahaan teknologi bergerak di bidang lingkungan mengatakan bahwa minyak dari biji kopi bisa digunakan untuk mengoperasikan beberapa bus di London, Inggris. Menurut yang diberitakan ABC News (22/11/17), Bio-Bean akan bekerjasama dengan Royal Dutch Shell untuk menciptakan biofuel.

Biofuel adalah bahan bakar yang dibuat dari bahan organik, salah satunya dengan memanfaatkan ampas kopi seperti yang dikembangkan Bio-Bean. “Hal ini merupakan langkah yang sangat bagus. Kita dapat menggunakan limbah kembali untuk dimanfaatkan,” ujar Arthur Kay pendiri dari Bio-Bean.

Perusahaan ini mengklaim dirinya telah bisa memproduksi minyak kopi untuk menggerakkan satu bus selama satu tahun. Rencananya, akan digunakan untuk bahan bakar bus di London. Sementara itu, lembaga Transportasi for London mengatakan, pihaknya telah beralih ke biofuel untuk membatasi emisi gas.

“Biofuel adalah penggunaan limbah yang dapat mengurangi pembuangan CO2 (karbondioksida) sehingga dapat mewujudkan kota yang bersih di masa mendatang,” tulis Bio-Bean dalam akun Instagramnya.

Biofuel

Bio-Bean mengungkapkan, rata-rata warga London meminum dua hingga tiga cangkir kopi sehari. Jika diakumulasikan, dalam satu tahun akan menghasilkan 200 ribu ton ampas kopi. Kemudian ampas kopi ini dikeringkan untuk diekstrak menjadi minyak kopi. Setelah itu dicampur komponen lainnya untuk menghasilkan Biofuel.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like