Tanda-tanda Tubuh Kelelahan Yang Harus Diketahui

JogjaUpdate.com (30/6/17), Kelelahan bisa dialami setiap orang, bisa karena berkegiatan lebih atau karena kondisis tubuh yang tidak fit. Namun sayangnya, tidak semua orang mengenali tanda-tanda tubuh kelelahan sehingga baru sadar sudah berlebihan.

Berikut ini tanda-tanda bahwa tubuh sudah mengalami kelelahan menurut yang dirilis Bustle:

1. Kesulitan Mengontrol Diri

Jika kamu merasa sulit dalam mengatur kehidupan mulai dari pekerjaan di kantor, rumah tanggah, hingga aktivitas sosial ini bisa jadi tubuh mengalami kelelahan.

2. Kurang Konsentrasi

Ketika tubuh lelah, bisa berdampak buruk pada pikiran yang susah fokus atau berkonsentrasi. Jika kamu merasakan susah untuk berkonsentrasi, segeralah beristirahat.

3. Olahraga Terasa Berat

Bila biasanya bisa olahraga lebih, tapi ketika saat ini terasa lebih berat menjalaninya itu kemungkinan tanda-tanda tubuh kamu lelah dan membutuhkan istirahat ekstra.

4. Sering Sakit

Menurut ahli kesehatan holistik, Jen Bruno, kelelahan yang sampai kronis pada tubuh bisa menyebabhkan sistem tubuh melemah. Jika sering mengalami batuk, pilek, hidung tersumbat ada baiknya untuk beristirahat.

5. Emonsi Naik Turun

Orang yang terlalu lelah memiliki emosi yang tidak menentu, bisa naik turun tidak terkendali. Menurut Bruno, Ketika tubuh kelelahan bisa menghambat tubuh dan pikiran berfungsi dengan baik. Kelelahan ini bisa mengacaukan emosi.

6. Sakit Kepala dan Migrain

Stres kronis karena kelelahan bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala dan migrain. Rasa sakit di kepala bisa berdampak pada bagian tubuh lain, seperti nyeri sendi yang membuat tubuh terasa lemah.

7. Tidur Tidak Menentu

Saat tubuh terlalu lelah, ada kalanya malah terasa sulit untuk tidur. Akhirnya pola tidur pun menjadi berantakan dan bisa membahayakan kesehatan, apalagi berlangsung dalam waktu lama.

8. Ngidam Aneka Makanan

Ketika tubuh mengalami kelelahan, kemampuan emosi menjadi kacau. Keadaan ini juga bisa mempengaharui pola makan atau sering disebut emotional eating. Hal ini bisa membuat seseorang ngidam makanan yang macem-macem.

9. Bibir Kering

Bila bibir mulai mengalami kering-kering dan pecah-pecah, belum tentu terjadi karena dehidrasi. Kurang tidur dan stres kronis bisa menyebabkan bibir kering hingga pecah-pecah. Menurut para ahli, hal ini terjadi karena kelelahan adrenal.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like