Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Mencium Aroma Makanan Bisa Bikin Lapar

JogjaUpdate.com (13/07/18), Percaya atau tidak, mencium aroma makanan bisa bikin lapar. Kamu pasti pernah tiba-tiba mencium aroma dari makanan yang menggugah selera, lalu tiba-tiba jadi lapar.

Padahal sebelumnya sudah kenyang, tapi aroma tersebut dapat menggugah selera untuk ingin makan lagi. Kenapa bisa begini?

Baca Juga: Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Bisa Melihat Hantu

Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Di mana aroma makanan ini bisa memicu isyarat air liur untuk meningkatkan aktivitas di otak dalam mengirimkan informasi.

Dalam sebuah penelitian pada 2010, ditemukan kalau aroma manis atau berlemak dapat mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan motivasi mendapatkan makanan tersebut,

Tidak heran jika setelah mencium bau tersebut, langsung terasa lapar. Aroma makanan ini juga berhubungan dengan bagian otak yang bertugas mengontrol asupan makanan.

Baca Juga: Kenapa Bau Durian Sangat Tajam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dilansir liputan6, rasa lapar juga dapat membuat kamu jadi lebih sensitif terhadap aroma. Jadi ketika lapar, kemampuanmu dalam mencium aroma jadi lebih baik.

Ketika lapar, mekanisme otak dalam mencium aroma makanan jadi meningkat. Hal ini terjadi karena sistem endocannabinoid.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience, diungkap kalau sistem endocannabinoid ini berhubungan dengan sensasi seperti euforia, kecemasan, dan rasa sakit.

Jadi secara singkatnya, ketika kamu mencium bau makanan lezat akan memicu rasa lapar. Lalu setelah rasa lapar ini datang, kemampuan dalam mencium aroma meningkat.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Ilmiah Mengapa Angop Itu Bisa Menular

Hal inilah yang terus-menerus membuat kamu jadi semakin lapar. Maka terbuktilah kalau aroma makanan bisa membangkitkan rasa lapar.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like