Cara Mencegah Aplikasi Android Terinfeksi Malware

JogjaUpdate.com (31/7/17), Sebagai sistem operasi yang paling banyak penggunanya, menjadikan Android banyak diincar oleh para penjahat cyber. Dan seperti yang dilaporkan sebelumnya, banyak aplikasi android terinfeksi malware jahat. Lalu bagaimana caranya untuk mencegah terinfeksi malware?

Banyaknya aplikasi android yang terinfeksi malware, membuat Google tidak mau diam saja. Belum lama ini Google meluncurkan tool terbaru yang bernama Google Play Protect. Tool ini berguna untuk melindungi perangkat android dari aplikasi yang riskan terinfeksi malware.

Google Play Protect ini memang dirancang untuk mengidentifikasi langsung dari Play Store, bukan aplikasi yang diunduh dari web lain. Jadi pastikan untuk mendownload Google Play Protect ini langsung dari Play Store. Lalu berikut ini beberapa cara untuk mencegah aplikasi android terinfeksi malware menggunakan Google Play Protect:

1. Simak Daftar Aplikasi Yang di-Scan

Kamu bisa mengecek aplikasi terinfeksi malware atau tidak lewat daftar aplikasi yang baru saja di scan. Caranya, melalui Settings -> Google -> Security -> Google Play Protect. Dan nantinya akan menampilkan daftar aplikasi beserta statusnya. Jika tulisannya “Looks good (No harmful apps found)”, berarti kamu bebas dari aplikasi yang terinfeksi malware.

2. Tinjau Ulang Sebelum Download

Perhatikan logo yang tertuang pada halaman aplikasi di Play Store, apakah menampilkan logo verifikasi dari Google atau tidak. Posisinya berada di bawah logo aplikasi yang hendak di download. Jika ada tulisan “Verified by Google Play Protect” menandakan jika aplikasi tersebut sudah terverifikasi dan aman dari infeksi malware.

3. Kembali Cek Setelah Update

Jika aplikasi melakukan pembaruan atau update, belum tentu menjadi keamanannya. Untungnya, Google telah melengkapi Google Play Protect dengan fitur konfirmasi pengguna jika aplikasi yang baru saja diperbarui aman dari malware. Pastikan muncul tulisan “No problems found” setelah update aplikasi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like