Punya Masalah Susah BAB? Ini Tips Mengatasinya

JogjaUpdate.com (24/5/17), Salah satu aktivitas kebutuhan manusia sehat adalah buang air besar (BAB). Namun sayangnya banyak orang yang punya masalah susah BAB, atau sering disebut sembelit. Susah BAB ini bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan bahkan bisa berbahaya.

Biasanya penyebab sembelit atau konstipas ini biasanya karena pergerakan tinja atau fese pada usus yang bergerak sangat lambat. Gerakan yang lambat pun menyebabkan konsistensinya menurun, lalu membuatnya keras dan kering. Karena itulah tinja jadi tertimbun dan susah untuk keluar.

Pada umumnya masalah ini terjadi pada orang yang kurang olaraga, kurang minum, dan juga yang melakukan diet minim serat. Namun tenang buat kamu yang bermasalah dengan susah BAB ini, ada beberapa tips untuk mengatasinya:

1. Minum Air Putih

Kurang cairan bisa menyebabkan tubuh mengalami konstipasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Menurut Elizabeth Ann Shaw, MS, RD, CLT, tubuh kekurangan cairan bisa menggangu pencernaan dalam usus sehingga menyebabkan pengerasan sehingga BAB menjadi tidak lancar.

2. Jongkok

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Digestive Diseases and Science, menyebutkan kalau berlama-lama duduk dengan bosisi jongkok bisa merangsang tubuh untuk BAB. Oleh karena itu, banyak pakar yang menyarankan duduk jongkok atau melakukan latihan squat bagi yang susah BAB.

3. Air Hangat Dengan Lemon

Menurut Dr Felice Schnoll-Sussman seorang gaestroenologist, menyampurkan air hangat dengan perasan lemon bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Cobalah mengonsumsi air hangat denga perasan lemon di pagi hari. Tujuannya agar sisa-sisa makanan yang masih ada dalam perut bisa terbuang tuntas.

4. Teh Pepermint

Dalam sebuah riset di University of Maryland, disebutkan kalau teh pepermint bisa mencegah gangguan usus yang menyebabkan susah BAB. Penyembuhan holistik ini dipercaya sangat alami dan manjur melatih sistem otot pada organ pencernaan agar lebih produktif. Cobalah meminum teh papermint ini sebelum atau menjelang tidur malam.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like