Ini 6 Cara Menjaga Otak Agar Tetap Sehat

JogjaUpdate.com (24/02/18), Otak adalah salah satu organ yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, otak dan fungsinya juga mengalami penuaan. Sangatlah penting menjaga otak agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Akibat penuaan juga dapat menyebabkan menurunnya kemampuan otak yang berimbas pada bagian lain. Seperti kerusakan kognitif dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif yang cepat seperti hilangnya memori dan kemampuan berfikir. Lalu bagaimana caranya menjaga otak agar tetap sehat?

Baca: Jebul Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria

Berikut ini 6 cara menjaga otak agar tetap sehat dan awet muda menurut yang dimuat Kompas.com (23/02 /18):

1. Jaga pikiran tetap aktif

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika menjaga pikiran tetap aktif, ketrampilan berpikir akan tetap tajam. Aktivitas seperti permainan, teka-teki silang dan aktivitas mental lainnya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Menggambar, melukis, seni dan kerajinan juga dapat membantu memperbaiki fungsi otak.

2. Latihan fisik

Dengan latihan fisik, tidak hanya menurunkan tekanan darah, memperbaiki kadar kolesterol, dan mengurangi stres. Juga membantu perkembangan sel otak baru. Sebuah penelitian yang dimuat New York Times menemukan bahwa tikus yang melakukan aktivitas fisik dapat melipatgandakan jumlah neuron baru yang diproduksi otak.

Baca: Lima Kegiatan Di Akhir Pekan Yang Bisa Menangkal Stres

3. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat membantu menjaga pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat. Makan dengan baik juga bisa meningkatkan energi, sistem kekebalan tubuh dan tidur nyenak di malam hari. Buah seperti blueberry dapat membantu mengurangi efek penyakit Alzheimer atau demensia, meningkatkan kemampuan belajar dan motorik.

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu melawan gangguan jiwa termasuk depresi, demensia, dan skizofrenia. Selain itu juga mendukung plastisitas sinaptik atau kemampuan otak untuk terlibat dalam pembelajaran atau pengalaman. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi otak normal.

Baca: 5 Cara Memperkuat Daya Ingat

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, tekanan darah, dan meningkatkan daya ingat. Dengan mendengarkan atau bermain musik juga dapat menjadi latihan otak total dan menjaganya tetap bagus selama proses penuaan.

6. Bersosialisasi

Penelitian mengungkap, orang yang menderita kesepian memiliki risiko terkena demensia yang meningkat hingga 65 persen. Bahkan disebutkan, kesepian berdampak lebih buruk bagi kesehatan daripada 15 batang rokok sehari, menjadi pecandu alkohol dan obesitas yang tidak sehat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like