Ini Cara Putar Balik di U-Turn Dengan Aman

JogjaUpdate.com (01/01/18), Di jalan raya dengan pembatas jalan, memang sudah disediakan tempat khusus untuk putar balik atau U-turn. Sayang masih ada yang belum tahu cara putar balik di u-turn dengan baik dan aman. Sehingga kecelakaan di tempat putar balik ini masih sering terjadi.

Salah satunya adalah dalam video yang sempat viral beberapa waktu lalu. dalam video tersebut, nampak seorang pengendara sepeda motor yang pindah jalur secara tiba-tiba. Ia berpindah dari lajur kiri ke kanan dengan tiba-tiba namun penuh keraguan. Akibatnya, dua pengendara lain yang melaju dari belakang tidak sempat mengerem.

Baca: Bahaya Pindah Jalur Mendadak Tanpa Memperhatikan Sekitar

Kecelakaan pun terjadi, pengendara sepeda motor yang pindah jalur tiba-tiba ini tertabrak dua pengendara di belakangnya. Diduga pengendara ini hendak menyeberang atau putar balik. Namun sayangnya, cara putar balik atau menyeberang yang dilakukannya tidaklah aman dan membahayakan pengendara lain.

Menurut yang dimuat Kompas.com (29/12/17), pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pun menganalisa video tersebut. Ia menilai pengendara motor yang pindah jalur secara tiba-tiba salah mengambil posisi saat akan berputar balik di U-turn. Karena pengendara tersebut baru berbelok tepat di titik putar balik.

Menurut Jusri, saat ingin berputar balik pengendara seharusnya sudah mengambil jalur kanan atau lane position 50 meter sebelum berbelok. Jangan lupa untuk mulai menghidupkan lampu sein, dan juga melakukan blind spot check atau menoleh sedikit ke belakang untuk melihat kondisi.

Baca: Ini Alasan Pembalap Kalau Belok Miring Banget, Dengkulnya Sampai Gasruk Aspal

Hal ini tidak dilakukan oleh pengendara yang terlihat dalam video tersebut. “Tapi yang terjadi dalam kasus berbelok di u-turn yang memiliki multiple lajur seperti itu, banyak yang lane positionnya sering kebablasan. Jadi tidak dari sejak awal melakukan positioning di lajur paling dalam,” kata Jusri.

Jusri menyebutkan, setelah berputar balik pun pengendara harus tetap bertahan di lajur paling dalam hingga minimal 50 meter ke depan. Pengendara juga dilarang untuk memotong lajur sekaligus. Ini ditujukan untuk mencegah kecelakaan, dan juga untuk mencegah tersendatnya arus lalu lintas.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like