Percuma Keren Tapi Nggak Safety, 4 Tips Memilih Jaket Riding

JogjaUpdate.com (12/10/2018), Jaket adalah salah satu perlengkapan riding yang penting tapi sering disepelekan. Memilih jaket riding tidak cuma dilihat kerennya saja, juga perhatikan faktor keselamatan.

Percuma pakai jaket riding keren tapi ternyata tidak safety. Dan jangan pula tidak pakai jaket kala berkendara, terutama jarak jauh.

Baca Juga: Kenapa Kendaraan Bermotor Wajib Menyalakan Lampu Di Siang Hari? Ini Alasannya

Untuk itu, simak berikut ini ada 4 tips memilih jaket riding yang baik menurut yang dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia. Simak ya:

1. Pilih Sesuai Ukuran

Jaket yang terlalu kecil akan membuat sulit bergerak dan tidak leluasa saat bernafas, sementara jika terlalu besar akan mengganggu konsentrasi karena terpaan angin yang besar menyebabkan posisi jaket tersebut bergoyang.

Untuk itu, pastikan memilih jaket riding yang pas di badan. Selain itu, jaket yang tidak pas, akan menyebabkan kurang percaya diri. Kondisi ini berpengaruh juga pada konsentrasi selama berkendara.

2. Jangan Terlalu Banyak Tali

Jaket riding beda dengan jaket nongkrong. Khusus untuk nongkrong, banyak tali mungkin bukan masalah, tapi kalau untuk riding, ini bisa sangat berbahaya. Misalnya, jaket bisa saja tersangkut pada stang motor atau benda lainnya, yang menyebabkan kecelakaan.

Solusinya, pilih jaket yang tidak banyak menggunakan tali, atau kalau bisa sebaiknya pilih jaket riding yang tidak menggunakan tali sama sekali, dan modelnya simple.

Baca Juga: Benarkah Mengendarai Sepeda Motor Tanpa Jaket Picu Paru-Paru Basah? Ini Penjelasan Dokter

3. Pilih Jaket yang Menutupi Tubuh

Standar menutupi tubuh dalam jaket riding adalah, harus mampu menutupi leher, pergelangan tangan dan pinggul. Jika memungkinkan, sebaiknya memilih jaket khusus yang sudah dilengkapi dengan protector di bagian siku dan bahu.

Pilih juga jaket yang memiliki ketebalan pas, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Kalau ingin lebih aman, gunakan jaket khusus untuk riding saja.

4. Warna

Meskipun tampak keren dengan warna gelap, khusus untuk jaket riding sebaiknya gunakan yang berwarna terang, atau minimalnya memiliki aksen warna terang di beberapa bagian yang strategis, seperti pundak, punggung, atau dada.

Kalau memungkinkan, sebaiknya sisipkan juga bahan-bahan yang bisa memantulkan cahaya, seperti bahan nilon dengan warna-warna neon atau stabilo.

Baca Juga: Ini Cara Putar Balik Di U-Turn Dengan Aman

Itulah tadi 4 tips memilih jaket riding yang baik dan pastinya aman. Ingat, utamakan keselamatan saat berkendara.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like