Sepeda Motor Listrik Berambisi Lampaui Kecepatan Kawasaki Ninja H2R

JogjaUpdate.com (8/8/17), Mungkin merk sepeda motor Lightning belum terkenal dibanding Honda, Yamaha, kawasaki dan Ducati. Namun merk yang satu ini tengah naik daun sebagai produsen sepeda motor listrik. Dan telah terjun di beberapa kompetisi balapan sepeda motor.

Perusahaan yang berpusat di San Carlos, California, Amerika Serikat ini diklaim sebagai pembuat sepeda motor listrik tercepat. Selain itu, sepeda motor listrik ini juga berambisi tinggi untuk mengalahkan kecepatan Kawasaki Ninja H2R. Untuk itulah, Lightning akan mengikut sertakan sepeda motor listrik bernama LS-2 di ajang Bonneville Speed Week.

Dan seperti diketahui, H2R adalah sepeda motor legal dikendarai di jalan raya yang memegang rekor kecepat tertinggi. Menurut yang dimuat Motorcycle News, tahun lalu H2R di ajang perlombaan ini mencatatkan rekornya dengan kecepatan 350,8 km/jam. Sedangkan Lightning LS-218  kalah cepat 3,2 km/jam dari H2R.

Jika tahun lalu Lightning menghadirkan LS-218 dengan mesin bertenaga 202 Tk, semenara tahun ini LS-2 akan dibekali motor listrik yang diklaim bertenaga hampir 304 Tk. Namun CEO Lightning, Richard Hatfield mengungkapkan sajauh ini belum bisa memprediksi secepat apa LS-2 nantinya.

Apalagi LS-2 masih dalam proses pengembangan sebelum nantinya diturunkan dalam perlombaan pada Agustun ini. “Kami tidak tahu seberapa cepat motor ini bisa melaju. Jadi kami meninggalkan tanda tanya sampai kami melihat bagaimana keadaan di Bonneville,” ungkap Hatfield.

Namun Lightning telah beberapa kali menguji coba LS-2 di lapangan bernama El Mirage, di California, Amerika Serikat (AS). Dalam uji coba dengan keterbatasan trek yang ada, LS-2 ini bisa melaju sampai 341 km/jam. Jika mendapatkan trek yang lebih memadai, sepeda motor ini bisa melaju lebih kencang lagi.

Namun, H2R pun juga tidak ketinggalan dalam pemecahan rekor kecepatan sepeda motor. Tahun 2016 kemarin di Turki, H2R mengklaim telah menembus kecepatan 400km/jam hanya dalam waktu 26 detik saja. Dengan ini Kawasaki H2R dinobatkan sebagai sepeda motor tersecat di dunia yang legal dikendarai di jalan raya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like