Ini 4 Cara Jawab Pertanyaan “Kok Masih Jomblo?”

JogjaUpdatae.com (21/11/17), Pertanyaan-pertanyaan mengenai status terasa sangat pribadi dan kadang menyinggung perasaan. Walaupun sekadar basa basi tapi pertanyaan seperti “kok masih jomblo?”, “kapan menikah?”, “mana gandengannya?” kadang sering muncul. Lalu bagaimana cara jawab pertanyaan tersebut dengan baik?

Ada banyak cara jawab pertanyaan soal status tersebut, namun sebisa mungkin jawab dengan baik dan terkesan elegan. Jangan jawab dengan penuh emosi dan ketersinggungan. Bagaimana caranya? berikut ini caranya:

1. Tanya balik dengan senyuman

Pertanyaan tersebut bisa dijawab secukupnya saja, lalu balik beri pertanyaan lain pada penanya. Tapi ingat, tetap tunjukkan wajah yang tersenyum manis (pura-pura tersenyum juga bisa). Dengan menanya balik bisa untuk membuat penanya merasakan tidak nyaman seperti yang kamu rasakan, atau untuk mengalihkan pembicaraan.

2. Ungkapan isi hati

Kamu bisa menjawab pertanyaan soal status seperlunya dan mengungkapkan isi hatimu. Misalnya mengungkapkan ketersinggunanmu terkait pertanyaan yang diberikan. Terkadang jujur bisa menjadi cara terbaik untuk membuat orang lain tidak sembarang beratanya-tanya lagi.

Misalnya: “Iya masih sendiri aja, masih ingin menikmati hidup. Tapi bisa nggak lain kali tidak menanyakan hal ini. Jujur aku tersinggung”

3. Tanya balik alasan pertanyaan

Tidak semua orang mempunyai hak untuk bertanya dan mendapatkan jawaban soal statusmu. Apalagi dia bertanya dengan cara-cara di luar batas, dan kamu sudah merasa jengkel bahkan marah. Saat dia mempertanyakan soal statusmu, coba tanya balik apa alasannya dia menanyakan hal tersebut.

4. Jawab dengan santai dan jadikan dia orang pertama yang akan dikabari

Kamu bisa merespon pertanyaan dengan santai tanpa emosi dan beritahu penanya kalau ia akan mendapatkan kabar jika sudah mendapatkan pasangan. Selain kamu bisa merespon dengan baik tanpa emosi, kamu juga akan menjaga hubungan baik dengan sang penanya.

Misalnya: “Santai aja, nanti kalau sudah dapat kamu jadi orang pertama yang aku kabari”.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like