Keseringan Selfie Bisa Picu Cedera Pergelangan Tangan

JogjaUpdate.com (19/6/17), Pastinya kamu tahu apa itu swafoto atau lebih sering dikenal dengan kata selfie. Seberapa seringkah kamu selfie setiap harinya? Mulai sekarang coba kurangi kebiasaan selfie. Karena belum lama ini ditemukan kasus cedera pergelangan tangan karena keseringan selfie.

Banyak pakar yang menyebut selfie ini sebagai bagian dari gejala narsisme. Dan tahukah kamu, saking sukanya sama selfie, sebuah penelitian mengungkap kalau 19 dari 20 remaja melakukan selfie setiap harinya. Dan setiap 10 detik, ada 1000 foto selfie baru diunggah ke Instagram.

Belakangan ini, para dokter menemukan sejumlah kasus cedera oto tangan yang diduga karena selfie. Seperti di Universitas Galway, Irlandia, setidaknya dalam sepekan menemukan 4 kasus seperti ini. Penemuan kasus ini diungkapkan oleh para dokter dalam jurnal Irish Medical Journal.

Cedera yang dialamani disebabkan karena pergelangan tangan mengalami gangguan. Bahkan ditemukan kasus patar yang dipicu karena kebiasaan melakukan selfie ini. Hal ini biasanya dikarenakan berkurangnya keseimbangan tangan gara-gara sibuk mencari latar belakang yang bagus untuk foto selfie.

Selain itu, kebiasaan selfie ini juga bisa berbahaya ketika tidak peduli pada lingkungan sekitar. Karena sibuk dengan selfienya, ia lupa kalau berada di temat-tempat berbahaya, seperti di atas gedung, tangga, pinggir jurang, atau pinggir jalan raya. Hal ini bisa berujung pada kecelakaan atau bahkan kematian.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like