Pentingkah Rem ABS Di Sepeda Motor?

JogjaUpdate.com (23/5/17), Perkembangan teknologi sepeda motor makin pesat tidak mau kalah dengan mobil. Berbagai teknologi modern mulai dipasangkan pada sepeda motor yang dijual di pasaran. Seperti teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS). Namun seberapa pentingkah rem ABS di sepeda motor?

Untuk mengetahui seberapa pentingnya rem abs dipasang di sepeda motor, kita harus mengerti dahulu tujuan dan dampaknya. Teknologi pengereman ABS sendiri adalah sistem yang mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Jika ban terkunci saat sepeda motor melaju, arah kendaraan tidak bisa dikendalikan pengemudi.

Dengan menjaga rem tidak mengkunci roda, maka kendaraan akan tetap bisa dikendalikan untuk menghindari kecelakaan. Disisi lain, rem tetap bekerja dengan baik untuk mengurangi kecepatan kendaraan bahkan sampai berhenti. Teknologi rem ABS ini diklaim telah banyak menurunkan angka kecelakaan.

Menurut yang dirilis Kompas.com, Sales Manager Robert Bosch Automotive Technologies Takatoshi Tagawa menerangkan bahwa dari penelitian yang dilakukan Bosch Accident Research Persentase pengurangan angka kecelakaan cukup signifikan. Diklaim teknologi ABS ini telah mencegah kecelakaan sampai 26 persen.

Menurut yang dirilis Motovaganza, ABS juga dapat meningkatkan stabilitas berkendara dan memangkas jarak pengereman. Bahkan studi yang dilakukan Bosch, mengungkap kalau penggunaan rem ABS di sepeda motor membuat jarak pengereman lebih cepat 9 meter di kecepatan 100 km/jam.

Karena kegunaan dan demi keselamatan, teknologi ABS menjadi fitur wajib untuk sepeda motor di Eropa. Dan menurut peraturan tahun 2016, motor baru diatas 125 cc untuk pasar Eropa wajib menggunakan teknologi ini. Peraturan ini juga akan diterapkan di India dan Jepang pada 2018, lalu di susul oleh Taiwan pada 2019.

Apakah penting adanya rem ABS di sepeda motor? Mengingat harganya yang tidak murah. Alangkah baiknya memilih sepeda motor yang telah dilengkapi ABS. Namun perlu dipertimbangkan juga mengenai service dari bengkel, apakah sudah bisa merawat teknologi ini. Selain itu, secanggih apapun teknologi, kewaspadaan pengendara lebih penting,

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like