Jebul Garam Bisa Digunakan Sebagai Pembersih

JogjaUpdate.com (4/6/17), Selama ini kita mengenal garam sebagi bumbu masakan yang memiliki rasa asin. Jebul ternyata garam ini memiliki manfaat lebih dari itu, bahkan bisa digunakan sebagai pembersih. Ada beberapa kotoran pada barang-barang kita yang bisa dibersihkan oleh garam ini.

Berdasarkan video yang dipostingkan akun @5.min.crafts di Instagram, berikut ini ada 5 hal yang bisa dibersihkan menggunakan garam:

1. Setrika

Setrika yang kamu gunakan sudah mulai kotor atau lengket? Tenang bisa dibersihkan dengan garam. Caranya, tuang satu cangkir garam pada kertas minyak di atas tatakan. Lalu nyalakan setrika dengan suhu maksimal. Kemudian letaknya setrika panas tersebut pada garam, lihat hasilnya. Setrika kembali bersih.

2. Sisa Kerak Makanan Pada Wajan

Noda sisa-sisa kerak makanan yang menempel pada wajan atau penggorengan memang susah untuk dibersihkan. Kamu bisa menggunakan garam untuk mengatasi kerak-kerak pada penggorenagn ini. Caranya rendam penggorengan dalam air yang sudah diberi satu cangkir garam selama 20 menit. Lalu bersihkan menggunakan spons cuci piring.

3. Spons Cuci Piring

Disebutkan kalau spons cuci piring merupakan benda paling kotor dan paling berkuman. Sehingga harus, rajin-rajin dibersihkan. Kamu bisa membersikan spons cuci piring ini menggunakan garam. Caranya, rendam spons cuci piring pada air yang diberikan garam. Panaskan di microwave sampai 1 meni lalu bersihkan seperti biasa.

4. Noda Kopi Pada Gelas

Kopi sering menyisakana noda yang membandel pada gelas atau mug. Kamu bisa menggunakan garam untuk membersihkan noda-noda bekas kopi ini. Caranya dengan memasukan beberapa sendok garam pada gelas yang bernoda kopi. Kemudian gosok-gosoklah noda tersebut menggunakan garam, lalu bilas.

5. Tumpahan Telur

Saat memasak menggunakan telur, kita harus memecahkannya dahulu. Kadang ketika memecahkan telur, sering ada tumpahan telur di meja. Dan untuk membersikan sekaligus menghilangkan bau amisnya, bisa menggunakan garam. Caranya, taburkan garam pada tumpahan telur tersebut kemudian bersihkan menggunakan lap kering.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like