12 Tempat Wisata Di Kulonprogo Yang Seru

JogjaUpdate.com (14/2/17), Sebagai tujuan wisata, Jogja memiliki banyak tempat wisata. Namun selama ini yang terkenal hanya di Kota Yogyakarta dan di Gunungkidul saja. Nah, sekarang kita bahas beberapa tempat Wisata di Kulonprogo yang tidak kalah seru. Berikut ini diantaranya:

1. Puncak Suroloyo

Terletak di perbukitan Menoreh, Puncak Suroloyo ini siap untuk memukau kamu. Di sini kamu bisa hiking atau camping, dan menikmakit matahari terbit. Keindahan alam dan hamparan pemandangan Kota Joga, Kota Magelang, dan Candi Borobudur dapat dinikmati dari sini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan 5 gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Ungaran.

Untuk menuju Puncak Suroloyo ini, dari Kota Yogyakarta kamu bisa menuju Jl Godean terus ke Barat sampai melewati jembatan Sungai Progo. Sampai di lampu merah Kenteng, ambil kanan dan terus ikuti jalan sampai lampu merah Tugu Dekso ambil kiri. Ikuti jalan menuju Kecamatan Samigaluh lalu kamu akan menemukan papan petunjuk menuju Suroloyo.

 

2. Kalibiru

Aslinya tempat ini merupakan garpu pandang di atas hutan pinus Perbukitan Menoreh, namun kini lagi hits. Foto-foto di Kalibiru ini menjadi hits di media sosial dengan pemandangan alam khasnya. Disni kamu bisa mendapatkan foto dengan latar belakang hutan pinus dan Waduk Sermo.

Lokasi Kalibiru ini mudah untuk dikunjungi, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Kamu bisa menuju Jalan Jogja-Wates, setelah sampai Kota Wates ambil jalur ke Waduk Sermo. Setelah itu kamu akan menemukan petunjuk jalur ke Desa Wisata Kalibiru. Untuk lebih jelas kamu bisa melihat kordinat lokasinya di sini.

 

3. Gardu Pandang Gunung Gajah

Masih di perbukitan Menoreh, sama seperti Kalibiru ini juga merukapan gardu pandang. Di Gardu Pandang Gunung Gajah ini kamu bisa menikmati kendahan Waduk Sermo dari atas yang dikelilingi hutan. Di sini terdapat dua buah gardu pandang di buat swadaya oleh masyarakat sekitar untuk menikmati keindahan alam.

Untuk menuju lokasi Gardu Pandang Gunung Gajah ini tidaklah mudah. Dari Kota Yogyakarta kamu bisa muju Jalan Godean terus melewati Jembatan Sungai Progo menuju Nanggulan. Terus ambil ke pertigaan Goa Kiskendo hingga pertigaan Segathol ambil kiri kemudian di pertigaan Gardu Pandang Tamanan ambil kanan, barulah kamu menemukan Gardu Pandang Gunung Gajah.

 

4. Air Terjun Grojokan Sewu

Nama Air Terjun Grojokan Sewu memang identik dengan tempat wisata ternama di Jawa Tengah. Namun siapa sangka kalau di Kulonprogo juga mempunyai air terjun yang bernama sama, Grojokan Sewu. Dinamakan Grojokan Sewu karena memiliki banyak jeram dan undakan sehingga membuatnya terlihat seperti beberapa air terjun yang terkumpul jadi satu.

Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Untuk menuju lokasi, dari Kota Yogyakarta kamu ambil Jalan Godean menuju Nanggulan. Kemudian menuju Pasar Kenteng lalu Kecamatan Girimulyo ke arah Pasar Jonggrang, barulah kamu menemukan Dusun Beteng.

 

5. Air Terjun Sidoharjo

Untuk air terjun yang satu ini memang tersembunyi, namun memiliki keindahan yang luar biasa. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian 75 meter berpadu dengan dinding batu cadas. Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini adalah adanya bunga-bunga liar yang tumbuh subur di sekitarnya. Kadang juga didatangi oleh kera-kera berekor panjang.

Air Terjun Sidoharjo ini juga berlokasikan di Kecamatan Samigaluh. Untuk menuju lokasi dari Kota Yogyakarta kamu ambil Jl Godean terus kebarat hingga melewati Jembatan Kali Progo ke Nanggulan. Di perempatan Nanggunlan ambil kanan (Utara), sampai di perempatan Dekso ambil kiri ke arah Samigaluh. Sampai di pertigaan jalan menanjak ambik kanan kearah MTs Sidoharo. Untuk ke Air Terjun Sidoharjo ini ambil jalan kecil disebelah MTs.

Take me as I am or watch me as I go. ? : @arbisaputro

A post shared by Fauzia Syarifah (@fauziasyrfh) on

 

6. Kedung Pedut

Mencari tempat wisata yang sejuk dan menyegarkan? Kedung Pedut solusinya, berlokasi di Kulonprogo yang kini tengah ramai dibicarakan. Disini kamu bisa menikmati keindahan air terjur dan kesejukan alam sekitar. Selain itu di sekitaran Kedung Pedut ini kamu juga bisa menemukan beragam air terjun, seperti Air Terjun Kembang Soka dan Grojogan Mudal.

Lokasi Kedung Pedut ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Untuk menuju lokasi dari Kota Yogyakarta kamu bisa mengambil Jalan Godean menuju Nanggulan, terus saja mengambil arah Goa Kiskendo. Sesampainya di Goa Kiskendo kamu bisa ambil kiri dan berurutan kamu bakal memenemui Gerojokan Mudal lalu Air Terjun Kembang Soka, baru kamu sampai Kedung Pedut. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

 

7. Waduk Sermo

Merupakan satu-satunya waduk yang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berlokasi di ketinggian dan dikelilingi hijaunya perbukitan Menoreh, Waduk Sermo ini memiliki keindahan alam yang menarik. Untuk menikmati keelokannya, kita dapat mengelilinginya dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan menyusuri tiap sisinya.

Untuk menuju lokasi Waduk Sermo ini cukup mudah, karena telah banyak papan petunjuk jalannya. Dari Kota Yogyakarta kamu tinggal menuju Kota Wates lewat Jalan Wates. Sesampainya di Kota Wates kamu sudah bisa menemukan papan petunjuk jalan ke Waduk Sermo dengan mudah.

A post shared by @anangkuu on

 

8. Kebun Teh Nglinggo

Di kebun Teh Ngliggo ini kamu bisa menikmati pemadangan khas ala kebun teh yang dikelilingi hutan pinus. Sebagai tempat wisata baru di wilayah Kulonprogo, Kebun Teh Nglinggo ini masih sedikit dikunjungi wisatawan. Padahal pemandangan alam yang disuguhi tidak kalah menarik dari yang lain.

Kebun Teh Nglinggo ini berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Kalau dari Kota Yogyakarta kamu bisa menuju Jalan Godean hingga perempatan Nanggulan ambil kanan. Sampai di perempatan Dekso ambil Kiri dan di Pasar Plono ambil ke Kanan. Setelah itu telah ada papan petunjuk jalan ke Desa Wisata Nglinggo.

If you want to be happy, be . . . ?

A post shared by elsa putri armananda (@elsarmananda) on

 

9. Wildlife Rescue Center

Dengan menempati area seluas 13 hektar, Wildlife Rescue Center (WRC) ini sebagai tempat rehabilitasi satwa liar. Dulu tempat ini dikenal dengan nama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ). Beragam satwa liar menghuni tempat konservasi ini, terutama orang utan. Di sini jga dibangun dome khusus dengan diameter 125 meter untuk hewan yang keberadaanya hampir punah tersebut.

Tidak hanya menjadi tempat pelestarian satwa liar, WRC juga menjadi obyek wisata pendidikan dengan fasilitas tempat seminar, pelatihan outbond, eco-wisata serta akomodasi. Untuk menuju lokasi kamu langsung saja dari Kota Yogyakarta ambil Jl Godean menuju Nanggulan, kamu akan menemukan papan petunjuk jalan ke PPSJ atau WRC.

 

10. Goa Kiskendo

Kulonprogo tidak hanya memiliki keindahan alam dipermukaan saja, namu ada yang dibawah juga. Salah satunya adalah Goa Kiskendo yang memiliki kisah legenda Mahesasura dan Lembusura. Menurut legenda, kakak beradik berkepala kerbau dan sapi tersebut bertempur melawan melawan Subali, si manusia kera. Kisah pertempuran mereka terpahat dalam relief yang bisa ditemukan di sisi kanan dan kiri sebelum pintu masuk goa.

Masuk ke dalam goa, kita dapat menemukan 9 situs pertapaan yakni Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang. Di tengah-tengah goa, dekat sebuah ruangan yang serupa dengan aula kecil, terdapat gentong berisi air. Air yang berasal dari tetesan stalaktit tersebut bisa kita minum untuk melepas dahaga setelah menelusuri setiap lorong goa sejauh sekitar 1 km.

Let there be light… ☀️☀️☀️?????? #kiskendocave #cave #jogja #jogjatrip #jogjakarta #java #goa #light

A post shared by Jeanne Stephanie (@je.step) on

 

11. Goa Kidang Kencono

Berbeda dengan Goa Kiskendo, Goa Kidang Kencono ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Di sini kamu bakal masuk ke gelapnya perut bumi dan menelusuri aliran air di dalam goa dengan bantuan cahaya head lamp. Kamu akan disuguhi beragam stalagmit dan stalaktit yang diberi nama Langkit Kuntoro, Ringin Kurung, Bulus, Pancoran Manik dan Candi Sewu.

Wisata susur Goa Kidang Kencono ini memang tidak mudah untuk dijangkau. Untuk menuju lokasi, dari Kota Yogyakarta ambil Jl Godean ke Barat melewati Jembatan Sungai Progo ke arah Nanggulan. Ke arah Pasar Jonggrang lalu di pertigaan Goa Kiskendo ambil kanan. Barulah kamu menemukan papan petunjuk jalan ke Goa Kidang Kencono.

Masih di Kulonprogo. #goakidangkencono #explorekulonprogo #explorejogja

A post shared by Arif Fauzan ? (@ariffauzan25) on

 

12. Pantai Glagah

Untuk pantai yang satu ini memang sudah terkenal sebagai tempat wisata di Kulonprogo. Namun tahukah kamu jika Pantai Glagah ini telah banyak melakukan perubahan. Kini Laguna dan pemecah ombaknya menjadi daya tarik unik yang tak ditemukan di pantai lain di Jogja. Selain itu ada beragam wahana bermain, seperti perahu bebek, kano, hingga keliling laguna dengan menggunakan perahu nelayan.

Untuk menuju Pantai Glagah, dari Kota Yogyakarta kamu ambil Jalan Wates menuju Kota Wates. Setelah itu ambil Jalur utama ke arah Purworejo hingga menemukan Desa Glagah. Di sana kamu juga dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan menuju Pantai Glagah ini.

#beach #jogja #glagah #like4like #sea

A post shared by ADS Snapshoot (@adssnapshoot) on

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like