Benarkah Makan Es Krim Bikin Batuk Dan Pilek? Ini Penjelasan Dokter

JogjaUpdate.com (12/02/18), Ketika kecil dulu pasti banyak yang bilang jangan kebanyakan makan es krim nanti bisa batuk dan pilek. Sampai saat ini masih banyak yang bilang seperti itu, terutama kepada anak kecil. Benarkan makan es krim bisa memicu batuk dan pilek? Padahal es krim kan enak.

Baca: Tidak Sengaja, Ilmuwan Jepang Ciptakan Es Krim Yang Tidak Meleleh

Bagaimana tanggapan dokter mengenai larangan anak kecil tidak boleh makan es krim biat tidak batuk dan pilek? Menurut yang dimuat Kompas.com (12/02/18), Meta Herdiana Hanindita, dokter spesialis anak membantah anggapan es krim jadi penyebab munculnya batuk atau pilek.

“Kata siapa es krim enggak boleh buat anak? Bolehlah anak makan es krim, selama tidak berlebihan.,” ujar Meta.

Es krim sering dituding sebagai penyebab gejala batuk pilek lantaran setelah memakannya pembuluh darah menyempit. Akibatnya, pasokan darah menipis dan membuat daya tahan tubuh berkurang. Hal ini juga terjadi ketika mengkonsumsi minuman dingin.

Baca: Benarkah Jeruk Nipis Dan Kecap Bisa Sembuhkan Batuk?

Hal ini menimbulkan sistem pertahanan saluran pernapasan menurun kerjanya. Kuman dari luar cenderung lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan pertahanan tubuh tidak mampu melawannya. “Ini bukan berarti makan es krim selalu bikin anak batuk pilek. Asal tidak berlebihan. Sebetulnya, bukan hanya es krim. Apapun jika dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik,” jelas Meta.

Jika ingin memberikan es krim kepada anak kecil, hendaknya lebih selektif. Pastikan anak dalam keadaan sehat dan prima, jika sedang tidak fit baru larang dia untuk menyantap es krim. Batuk pilek yang umumnya menyerang umumnya common cold, yang disebabkan oleh virus Rhinovirus. Penyakit ini dapat sembuh seiring waktu, tidak perlu khawatir.

Baca: Inilah Bahan Alami Untuk Redakan Batuk Dan Gatal Tenggorokan

Yang perlu diwaspadai malah terapi uap untuk menyembuhkan batuk pilek. Terapi ini akan menaikkan resistensi paru-paru, membuat selaput lendir yang ada di hidung rawan rusak. Untuk penangan batuk pilek cukup dengan memberikan parasetamol atau obat tetes hidung salin. Itu pun jika mengalami sulit tidur, nafsu makan berkurang, kesakitan, dan hidung mampet.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like