Tips Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat Terbang

JogjaUpdate.com (9/7/17), Berpergian atau berlibur ke tempat jauh paling efektif menggunakan pesawat terbang. Namun tidak sedikit orang yang ketakutan naik pesawat terbang, sehingga memilih transportasi lain. Padahal ketakutan tersebut bisa diatasi lho.

Berikut ini ada 6 cara efektif untk mengatasi ketakutan naik pesawat terbang seperti yang dirilis brightside.me:

1. Abaikan Berita Buruk

Mengetahui berita buruk mengenai penerbangan jadi faktor utama mengapa orang takut nai pesawat terbang. Kalau kamu tipe orang yang mudah panik, sebaiknya mengabaikan berita-berita tidak mengenakan mengenai penerbangan sebelum berangkat menggunakan pesawat terbang.

2. Atur Pernapasan

Mengatur pernapasan dapat membantu mengatasi kepanikan ketika berada di dalam kabin pesawat. Kamu bisa memulai mengatur pernapasan dengan ambil napas selama 4 detik, kemudian dikeluarkan selama 4 detik. Ulangi pengaturan pernapasan ini beberapa kali hingga merasa tenang.

3. Percaya Kru Kabin

Percayalah kamu di dalam pesawat ditangani oleh para ahli profesional yang berkompeten. Para kru kabin pesawat ini telah terlatih untuk menghadapi berbagai hal yang tidak terduga. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa cemas dan khawatir berlebihan ketika naik pesawat terbang.

4. Pengalihan

Rasa cemas dan takut dalam kabin pesawat terbang bisa diatasi dengan mengalihkan ke hal lain. Kamu bisa mengalihkan perasaan takut dan cemas dengan beberpa kegiatan, seperti membaca buku, bermain gim, mendengarkan musik atau makan.

5. Pikirkan Hal Menyenangkan

Jangan terlalu berfokus pada hal-hal mengerikan yang bisa terjadi saat penerbangan. Cobahal untuk memikirkan hal-hal menyenangkan yang bakal kamu nikmati ketika tiba di tempat tujuan nanti. Dengan hal ini akan membuat kamu merasa lebih relaks saat naik pesawat.

6. Membiasakan Diri

Orang yang sudah berpengalaman berkali-kali bepergian dengan pesawat terbang akan terbiasa dan tidak takut lagi. Jika kamu ingin menghilangkan rasa takut tersebut, naiklah pesawat terbang lebih sering.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like