Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Saat Kuliah

JogjaUpdate.com (21/7/17), Kuliah adalah masa-masa penting dalam persiapan untuk memasuki dunia kerja. Kuliah memang lebih terkesan lebih bebas dibanding masa-masa sekolah. Namun ada beberapa hal yang tidak boleh disepelekan saat kuliah. Atau nantinya bakal menyesal dikemudian hari.

Penyesalam memang salalu datang terlambat setelah kejadian berlalu. Untuk itu, buat kamu yang masih kuliah jangan sepelekan beberapa hal penting yang dirilis DuitPintar.com berikut ini:

1. Waktu

Waktu adalah uang, merupakan ungkapan yang begitu terkenal tapi sering disepelekan. Seperti kenyataanya, banyak mahasiswa yang sering datang telat ke kelas. Lebih parahnya, datang telah ketika ujian yang otomatis membuat waktu mengerjakan jadi terbatas. Padahal di dunia kerja nanti ketepatan waktu sangatlah penting.

Dari hal yang paling semple, jam masuk kerja. Kalau telat pastinya akan mempengaruhi penilaian atasan bahkan bisa kena potongan gaji. Bila sering telat, jangan harapkan untuk mendapatkan karier yang lancar atau kenaikan gaji. Karena itulah, sejak kuliah mulailah untuk lebih menghargai waktu.

2. Networking

Networking atau menjalin jaringan yang luas sangatlah penting ketika di dunia kerja nanti. Dari jaringan ini bisa muncul peluang untuk karier yang lebih baik. Karier di bidang apapun pasti memerlukan networking yang baik. Daripada menghabiskan waktu untuk yang tidak berguna, lebih baik mengikuti sejumlah kegiatan atau organisasi untuk lebih memperbanyak kenalan.

3. Kerja Sama

Banyak yang menyepelekan kerja sama dalam tim ketika kuliah, misalnya kerja kelompok. Banyak yang hanya setor nama atau numpang nama dalam tugas kelompok. Mahasiswa tipe seperti ini biasanya akan mendapati kesulitan dalam bekerja nanti. Dalam kerja diperlukan kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan masing-masing anggota harus memberikan kontribusinya.

4. Public Speaking

Berbicara di depan orang lain bukan hal mudah, apalagi dihadapan banyak orang. Karena susah, tidak boleh disepelekan begitu saja. Kamu harus tahu apa yang hendak kamu sampaikan dan cara menyampaikannya dengan tepat sasaran. Manfaatkanlah kesempatan berbicara saat kuliah dengan baik, seperti presentasi maupun diskusi.

5. Menabung

Sejak kecil pasti setiap orang sudah diajari menyisihkan uangnya untuk ditabung. Biasakan menabung di saat kuliah, karena bakal berguna suatu saat nanti. Seperti saat awal kerja, pasti belum punya modal hidup karena belum terima gaji pertama. Setidaknya kamu membutuhkan sejumlah uang untuk hidup hingga terima gaji pertama.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like