Selain Kampas Habis, Ini Beberapa Penyebab Rem Mobil Blong

JogjaUpdate.com (20/02/18), Rem adalah bagian dari kendaraan yang tidak boleh disepelekan karena terkait dengan keselamatan. Rem blong atau tidak berfungsi seperti semestinya sering menjadi penyebab kecelakaan yang cukup fatal. Lalu apa penyebab rem mobil blong?

Penyebab utama rem mobil blong pastinya kampas rem habis, sehingga tidak bisa menghentikan laju kendaraan. Namun ada penyebab lain yang bisa menyebabkan rem tidak berfungsi seperti bagaimana mestinya. Dari masalah teknis sistem pengereman sendiri, hingga masalah kebiasaan pemilik kendaraan.

Baca: Ini Cara Putar Balik Di U-Turn Dengan Aman

Menurut yang dimuat OtoDriver.com (04/02/18), David, pemilik Bengkel Dunia Usaha Motor mengungkapkan beberapa penyebab rem mobil blong. “Biasanya disebabkan karena friction atau pergesekan material atau kampas rem yang overheat, sehingga koefisien friction menurun,” ucap David.

Ditambahkannya, rem blong juga bisa disebabkan oleh pelumas rem yang kelewat panas atau overheat. Selain itu bisa juga karena slider macet, piston macet, tekanan hidraulis tidak turun kembali, dan sliding area pad macet. Menurut David, masalah-masalah tersebut adalah penyebab utama rem blong.

Baca: Jangan Lupa Pemanasan Sebelum Nyetir Jarak Jauh

Di luar hal itu, kebiasaan pemilik mobil yang malas untuk memebersikan dan merawat rem juga bisa jadi penyebabnya. Rem seharusnya dicek kondisinya secara berkala, biasanya sekitar 10.000 km sekali, bukan berapa bulan sekali. Dengan tidak melakukan pengecekan secara rutin, kondisi rem tidak diketahui apakah baik atau tidak.

Itu tadi beberapa penyebab rem mobil blong. Semoga kedepannya kamu lebih perhatian lagi pada sistem pengereman kendaraan kamu. Mengingat pentingnya rem dalam kendaraan terkait dengan keselamatan. Percuma kendaraan melaju kencang tapi tidak bisa berhenti dengan baik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like